Honda Brio Buatan Indonesia Diminati Asing, Ekspor 8.000 Unit
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 1 Desember 2019 17:01 WIB
Menguji All New Honda Brio di lintasan slalom Sirkuit Sentul Jawa Barat, Rabu 20 Maret 2019. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Tangerang - PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim ekspor Honda Brio buatan Indonesia tahun ini mencapai 8.000 unit. Dua negara disebut sebagai pasar potensial. “Honda Brio buatan Indonesia laris di Filipina dan Vietnam,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM di BSD City, Tangerang Selatan, Minggu, 1 Desember 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Billy, kualitas Honda Brio yang diproduksi di Pabrik Honda di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, mampu diterima di pasar global. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya perluasan ekspor di tahun depan. “Masih ada penjajakan untuk destinasi ekspor tahun depan,” ujar dia.

Billy menambahkan bahwa kualitas produk yang bersaing membuat negara-negara di ASEAN berminat untuk ikut memasarkan Honda Brio.

Ekspor perdana Honda Brio dimulai pada Maret 2019, bertepatan dengan hari ulang tahun HPM ke-20. Ketika itu, Chief Officer for Regional Operation (Asia & Oceania), Honda Motor Co., Ltd, sekaligus President and CEO Asian Honda Motor Co., Ltd, Masayuki Igarashi, menyebut Indonesia sudah dianggap sebagai negara penting baik diskala nasional maupun global, karena Indonesia sudah menjadi kontributor utama bagi operasi Honda di wilayah Asia dan Oseania.

"Kami percaya HPM akan terus memberikan kontribusi penting bagi Honda di masa depan," ujar dia.

Sekedar informasi, HPM sudah mulai melakukan ekspor CKD sejak 2013 untuk 11 produk mereka ke 12 negara tujuan ekspor mencakup benua Asia dan Amerika, dengan nilai ekspor mencapai Rp 12 triliun, terhitung sampai dengan tahun fiskal 2018.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi