Jokowi Gunakan SUV Gahar saat Mengunjungi Ibu Kota Baru
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 18 Desember 2019 18:15 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

GOOTO.COM, Jakarta - Selain Mercedes-Benz, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi juga kerap menggunakan Toyota Land Cruiser sebagai mobil dinas dalam berbagai tugas kenegaraan. Terutama saat mengunjungi daerah dengan medan yang sulit seperti saat mengunjungi kawasan Ibu Kota Negara yang baru di Kabupaten Penajam Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jokowi menumpang mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Land Cruiser. 

Toyota Land Cruiser yang digunakan, Jokowi diketahui sebagai tipe 200 Full Spec alias varian tertinggi dari Land Cruiser yang dipasarkan di Tanah Air. Merujuk situs resmi Toyota Astra Motor, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni tipe 200 STD Spec dan Tipe Full STD Spec

Untuk Toyota Land Cruiser 200 STD Spec dibanderol Rp 2.108.650.000. Sementara untuk 200 Full Spec dijual, seharga Rp 2.444.950.000.

Land Cruiser 200 dibekali mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 cc. Di atas kertas mesin mampu menghasilkan tenaga maksimum 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi Maksimum 62,8 Ps pada 2.200 rpm.

Mobil Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Presiden Jokowi melewati jalanan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 17 Desember 2019. Mobil yang ditumpangi sejumlah menteri Kabinet Indonesia sempat tergelincir akibat hujan yang mengguyur saat kunjungan tersebut. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Mobil juga disematkan suspensi depan dengan sistem Double Wishbone with coil spring & stabilizer. Serta suspensi Belakang 4 Link coil spring.

Untuk dimensi, Land Cruiser 200 memiliki panjang 4.950 mm, Lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.945 mm. Kapasitas Tangki mencapai 93 liter dengan berat 2.625 kg.

Dari sisi fitur keamananan dan kenyamanan, Land Cruiser 200 sudah dilengkapi Dual Front SRS Airbags, Corner dan Parking Sensor, ABS, ABS + EBD, dan Hill Start Assist Control. Camera Control juga tersedia, Alarm System, Keyless Entry, Auto Lock Systemn dan Key Smart.

Mobil SUV premium memiliki desain yang lebih segar modern, dan mewah tanpa menghilangkan jiwa machonya. Pada bagian depan fascia terlihat garang, dengan grill yang memiliki ukuran cukup besar. Aksen crome juga tampak menguatkan kesan mewah mobil ini.

Mobil yang membawa Presiden Joko Widodo melewati jalan berlumpur saat meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Merek Land Cruiser sendiri memiliki sejarah panjang. Mobil ini sudah terjual lebih dari 10 juta unit selama 68 tahun terakhir di seluruh dunia. Saat ini, Land Cruiser dijual di sekitar 170 negara di seluruh dunia, dengan penjualan global tahunan berjumlah sekitar 400.000 unit.

Dalam perjalanannya, Land Cruiser kerap berubah bentuk. Mulai dari model BJ hingga Land Cruiser seri 200. Kabar terbaru juga menyebutkan bahwa Toyota kembali akan mengeluarkan Land Cruiser seri 300 dengan mesin V6 turbocharged yang lebih ramah lingkungan.

Adapun Toyota Land Cruiser yang saat ini dijual di Indonesia dibanderol dengan harga mulai Rp 2,1 miliar hingga Rp2,3 miliar lebih. Kebanyakan mobil ini digunakan oleh kaum berduit atau elit. Mulai dari pengusaha hingga pejabat negara.

Toyota Land Cruiser yang menjadi mobil dinas Jokowi di Ibu Kota Baru memang memiliki kemampuan untuk digunakan di jalanan dengan kontur yang sulit, tapi tetap menyajikan kenyamanan untuk penumpangnya. 

#Jokowi
#Mobil Dinas Jokowi
#Toyota Land Cruiser
#Joko Widodo
#Ibu Kota Baru

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi