Deretan Kepala Daerah dengan Mobil Dinas Mewah
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 23 Desember 2019 14:31 WIB
Jeep Wrangler Rubicon (Jeep.co.id)

GOOTO.COM, Jakarta - Bupati Karanganyar Juliyatmono segera berdinas dengan mobil baru yang mewah. Tidak tanggung-tanggung, mobil dinas yang dibeli berupa Jeep Rubicon yang dibanderol Rp 1,989 miliar sesuai penawaran dari pemenang lelang.

Pelaksana Tugas Badan Keuangan Daerah Karanganyar, Narimo mengungkapkan perencanaan pembelian mobil dinas itu sudah ada sejak tahun lalu. "Tahun kemarin sudah dilelang namun gagal lantaran tidak ada peserta," katanya. Tahun ini, pihaknya kembali menganggarkan melalui Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

Jeep Rubicon diakui Narimo lebih mewah dibandingkan kepala daerah lainnya. Dia menyebut mobil yang harganya cukup mahal itu disesuaikan dengan peruntukannya. "Karanganyar memiliki beberapa daerah yang cukup sulit terjangkau," katanya. Kontur pegunungan membuat sebagian kawasan harus dijangkau dengan jalan yang memiliki tanjakan maupun turunan yang cukup ekstrem.

Ternyata tidak hanya Bupati Karanganyar saja yang memiliki mobil dinas mewah yang dibeli dari anggaran daerah atau uang rakyat. Berikut deretan pejabat publik atau kepala daerah yang menggunakan mobil dinas mewah lainnya:

1. Bupati PandeglangBupati Pandeglang Irna Narulita juga belum lama ini juga mendapatkan mobil dinas mewah yaitu Toyota Land Cruiser Prado. Mobil ini didatangkan secara CBU atau diimpor Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek Toyota di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,9 miliar. Irna mengklaim penggunaan mobil mewah tersebut karena akan sering dipakai untuk kunjungan ke pelosok Pandeglang.

Toyota Land Cruiser Prado 2018. Sumber: drivespark.com

2. Bupati KamparBupati Kampar Catur Sugeng memiliki mobil dinas operasional sedan mewah Mercedes-Benz E200. Mobil dipakai Bupati Kampar saat kunjungan kerja di Jakarta sempat viral di media sosial. Sedan Mercy E200 ini dijual dengan harga diatas Rp 1 miliar.

Mercedes-Benz E200. Sumber: mercedes-benz.co.uk

3. Gubernur DKI JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan Toyota Land Cruiser yang harganya ditaksir mencapai Rp 2,06 milliar. Mobil ini sama dengan yang dipakai Gubernur sebelumnya, yakni Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Bakal mobil dinas Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan terparkir di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, 16 Oktober 2017. Istman/Tempo

4. Wakil Bupati BatanghariWakil Bupati Batanghari Sofia Joesuf menggunakan kendaraan dinas Toyota Harier. Mobil berjenis SUV ini memiliki kehandalan untuk melewati medan berat. Mobil ini dibanderol sekitar Rp 900 jutaan. Hanya saja pada Januari lalu, mobil ini dinyatakan hilang dan tak lagi terparkir di halaman kantor Bupati Batanghari.

#mobil dinas
#Mobil Mewah

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi