Biaya Turing Jakarta ke Sabang Versi Stephen Langitan Rp 10 Juta
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 7 Januari 2020 10:30 WIB
Stephen Langitan, WNI yang memulai perjalanan Jakarta-London dengan sepeda motor. Dokumen KBRI Yunani
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Stephen Langitan, seorang pecinta Adventure dengan sepeda motor kembali mengungkap biaya berkendara atau turing ke lintas Sumatera hingga Sabang. Ia sebelumnya menjelaskan biaya yang diperlukan bagi biker yang ingin menjelajah ke Arab Saudi seperti yang dilakukan Lilik Gunawan bersama putranya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peturing kawakan ini memberi saran bagi biker pemula yang ingin berkendara atau touring seorang diri bisa menjajal jarak pendek sebelum menempuh medan lintas negara. "Mau menjadi Solo Rider Indonesia? Berkendara seorang diri? Silahkan dimulai dengan rute dan jarak 5.000 Km yaitu Lintas Sumatera plus Sabang. Disini kita bisa menguji mental dan nyali diri sendiri, dan juga menguji motornya. Silahkan ditest dulu ibaratnya latihan sebelum menjalani rute yang lebih jauh lagi hingga naik ke level 10.000 Km; 15.000 Km ataupun 30.000 Km," ungkapnya dalam akun di instagram @steplangitan.

Soal biaya, ia mengatakan bisa mencapai Rp 10 jutaan. Stephen memerinci mulai dari kebutuhan bensin Rp 2,5 juta, makan dan minum dengan perkiraan selama 15 hari Rp 1,5 juta, penginapan Rp 4,5 juta, perjalanan menyebrang dengan kapal Ferry Roro Rp 600 ribu hingga anggaran untuk servis dan spare part Rp 1 juta. "Soal biaya dari Rp 10 juta bisa dihemat dengan cara memilih penginapan murah atau cari yang gratisan. Kalau bisa makan juga dihemat.. yang penting niat dan tekad untuk menyelesaikan sebuah misi. Tak ada yang tak mungkin, apapun bisa dilakukan asalkan percaya," tulisnya.

Unggahan tersebut mendapat respon dari sejumlah warga net. Diantaranya, @hajrul_aswadd yang bertanya soal bagaimana jika ditilang ditengah jalan. "Yg jadi pertanyaan gimana kalau ketilang dijalan om? Auto repot balik lagi ke daerah yg kena tilang pas hari sidang," tulis @hajrul_aswadd. Stephen menyatakan jika hal tersebut terjadi ya apes saja.

Stephen Langitan telah menjelajah ke berbagai negara. Belum lama ini, ia telah menjelajah dari Jakarta ke London seorang diri dengan jarak tempuh sekitar 30.000 kilometer. Pengalaman tersebut, ia tuliskan dalam buku berjudul "Naik Motor Seorang Diri, Jakarta - London 30.000 Km" yang laris diburu para biker Indonesia.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi