Mobil Amfibi Canggih Evakuasi Korban Banjir di Gresik
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 7 Januari 2020 17:14 WIB
Mobil amfibi milik Pemkab Gresik, Jawa Timur. (Antara)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengirim sejumlah peralatan penanggulangan banjir, salah satunya mobil amfibi keluaran terbaru di dekat lokasi terdampak banjir, tepatnya di Kecamatan Benjeng, sebagai antisipasi meluasnya banjir di wilayah itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto di Gresik, Jumat mengatakan pengiriman peralatan dilakukan setelah rapat bersama Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), usai melihat wilayah terdampak banjir di Benjeng.

"Sesuai ramalan BMKG, cuaca ekstrim terjadi dalam waktu dekat, maka saya perintahkan kepada BPBD Gresik untuk mengirimkan sarana prasarananya agar apabila terjadi banjir kembali, dapat memberikan bantuan optimal ke masyarakat," katanya.

Ia berharap, dampak banjir tidak banyak merugikan masyarakat, sehingga perlu antisipasi dengan menurunkan sejumlah peralatan, termasuk Amfibi 2600 CC.

Sementara itu, Amfibi bermerek Triton tersebut didesain untuk bergerak didaerah banjir meskipun kedalaman air 1,2 meter, serta dapat melaju di area berlumpur.

Mobil ini dapat digunakan untuk mengevakuasi korban sampai 9 orang, dan dilengkapi dengan berbagai sarana, di antaranya APAR, alat selam, pelampung, gergaji mesin.

Untuk lokasi banjir terparah di Gresik, terdapat di Dusun Ngablak Desa Kedungrukem yang diakibatkan kiriman air dari beberapa wilayah Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng.

Di wilayah Desa Kedungrukem, terdapat ratusan rumah tergenang sampai setinggi 20 cm.

Dalam kesempatan itu, Sambari juga memberikan bantuan kepada korban banjir di Dusun Ngablak.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi