Legenda Balap Motor Asal Inggris Colin Seeley Tutup Usia
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 10 Januari 2020 09:17 WIB
Legenda balap motor Inggris, Colin Seeley, meninggal dunia di usia 84 tahun. (Goodwood.com)

GOOTO.COM, Jakarta - Legenda balap motor asal Inggris, Colin Seeley, dilaporkan meninggal dunia, pada Selasa, 7 Januari 2020. Ia meninggal dunia dalam usia 84 tahun. Dilansir Goodwood.com, Seeley disebut mengalami sakit yang panjang sebelum meninggal dunia. 

Seeley dikenang sebagai legenda balap motor lewat berbagai kegiatan amal, termasuk kampanye balap sespan yang pernah dilakukannya di tahun 60an. Ia juga dikenang sebagai perintis kerangka motor sespan, dan beberapa buku-buku otomotif yang pernah diterbitkan.

Sepak terjang, Seeley di dunia sepeda motor dimulai pada usia muda. Terlahir sebagai anak Vincent Rapide, pemilik perusahaan sepeda motor ternama di Inggris. Seeley telah memperoleh lisensinya sebagai mekanik pada usia 16 tahun.

Ia memulai magang di Harcourt Motorcycles, yang terletak dekat rumah keluarganya di Crayford. Setelah memperoleh begitu banyak pengalaman mengerjakan berbagai motor sport di perusahaan itu, ia memulai eksperimen mandirinya dengan mengisi waktu luangnya di gudang kebun orang tuanya.

Saat bekerja melalui berbagai posisi mekanik, Seeley berkenalan dengan Bernie Ecclestone, yang membuat Seeley kemudian memperoleh posisi sebagai Direktur Pelaksana Pengembangan Balap Motor di Brabham pada tahun 1970-an. Tak hanya itu, ia juga kemudian terlibat di balap Formula 1 pada tahun 1986.

Sementara untuk karir balapnya, ia mengawali dengan kurang begitu mengesankan. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh tekanan pekerjaan yang dia alami. Kata dia menjadi pembalap sekaligus memegang jabatan penting sebagai mekanik bukan pekerjaan mudah.

Namun jauh sebelum itu, Seeley meraih sukses dalam dunia balap. Perlombaan pertamanya ialah event ketahanan satu jam yang digelar di Brands Hatch pada tahun 1954, dengan motor BSA Star Twin 500cc, yang bertarung sengit dengan Triumph.

Seeley juga pernah menjajal balap Canterbury menggunakan motor G50, ini adalah acara lokal sebelum memasuki era Isle of Man TT pada tahun 1961. Balapan ini merupakan ajang Grand Prix pertamanya dan finish di urutan keenam.

Dari tahun 1961 hingga 1967 ia berlomba di kompetisi kejuaraan sespan Inggris dan dunia. Awalnya naik motor dengan mesin Matchless dan Norton. Tapi tak lama, dia telah menukar Matchless silinder tunggal untuk mesin BMW S54 Rennsport.

Selama periode ini, ia mencapai tempat pertama di TT Belanda 1964 dan tempat kedua finis di kompetisi balap motor sespan di Isle of Man TT 1964 dan Grand Prix Prancis 1966 di Clermont-Ferrand.

#Balap Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi