Pasar Mobil Tetap Bergairah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 14 Agustus 2008 11:36 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta: Awal tahun lalu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimis pasar kendaran mampu menembus angka 550 ribu unit sepanjang 2008. Namun, perekonomian global yang tak menentu – antara lain disebabkan kenaikan harga minyak di pasar dunia membuat Gaikindo berpikir ulang tentang ramalan itu.

Sebagian besar anggotanya pun mulai mengoreksi target. Ada yang merevisi hingga 480 ribu unit, ada pula yang sedikit optimis:cukup turun menjadi 500 ribu unit. Sebabnya? Tak lain kenaikan bahan bakar minyak bersubsidi lebih dari 28 persen pada Mei lalu yang diikuti naiknya BI Rate dikisaran 9 persen.

Meski begitu, ternyata permintaan mobil justru meningkat. Data Gaikindo menyebutkan, pada Juli lalu, penjualan mobil nasional mencapai lebih dari 60 ribu unit. Bisa dibilang ini merupakan rekor tersendiri, karena selama ini penjualan mobil berada di kisaran 40 ribu unit per bulan.

Menurut Bebin Djuana, Manager 4W Marketing & Sales – Marketing Brand II Suzuki, PT Indomobil Niaga International, penyebab tingginya penjualan mobil antara lain disebabkan konsumen khawatir harga mobil akan terus naik bertahap. "Lebih baik beli sekarang dari pada harga naik terus," kata Bebin ketika ditemui di kantornya, Indomobil, Jumat pekan lalu.

Selain itu, Bebin melanjutkan, sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) gencar mengeluarkan model baru selama semester pertama 2008 ini. Itulah yang menjadi salah satu penyebab-berdasar data Gaikindo, penjualan mobil hingga Juli 2008 mencapai 353.353 unit, atau naik 50 persen dibanding periode yang sama pada 2007.

Pasar mobil Tanah Air, ucap Bebin, memang unik. Pihaknya lebih memilih bersikap moderat dalam menyikapi pertumbuhan penjualan mobil. Sedangkan Gaikindo meramalkan pasar mobil nasional tumbuh lebih dari 19 persen atau berada di kisaran 520 ribu unit sepanjang tahun ini.

Selama Juli, Suzuki sukses memasarkan secara ritel (distribusi ke konsumen) sebanyak 7400 unit. Brand I yang diwakili Suzuki APV Arena menjadi kontributor terbesar dengan penjualan mencapai lebih dari 2000 unit per bulan. Menurut Bebin, Brand II (Grand Vitara, SX4, Neo Baleno, dan Swift) menyumbang sekitar 40 persen dari total penjualan. Swift dan SX4 terjual 1000 unit per bulan, Grand Vitara sebanyak 600 unit, dan Neo Baleno sekitar 200 unit per bulan. 

Nugroho Adhi

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi