2 Seri Awal MotoGP Berubah Jadwal, Balapan Dimulai di Austin?
Reporter: Nurdin Saleh
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 2 Maret 2020 19:30 WIB
Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (23/2/2020) (ANTARA/HO-hondaracingcorporation.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dua seri awal MotoGP 2020, Seri Qatar dibatalkan, sedangkan seri Thailand ditunda karena kekhawatiran soal ancaman virus corona.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengumuman pembatalan seri Qatar, pada 8 Maret, sudah secara resmi diumumkan pengelola balapan motor kelas premium ini. Tadinya mereka mengharapkan seri musim ini akan dibuka di Buriram, Thailand, pada 22 Maret.

Namun, pada Senin sore, 2 Maret 2020, muncul kabar jadwal tersebut juga ditunda. Belum ada pernyataan resmi dari Dorna ataupun FIM (Federasi Balap Motor Internasional), tetapi Bangkok Post melaporakan, keputusan soal penundaan itu sudah diumumkan oleh Wakil Perdana Menteri Thailand dan Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul.

"Kami perlu menunda Grand Prix Thailand 2020 di Buriram yang dijadwalkan akhir Maret untuk waktu yang belum ditentukan karena Covid-19 telah dinyatakan sebagai penyakit menular berbahaya telah memberikan dampaknya ke seluruh dunia," kata Charnvirakul.

Charnvirakul melanjutkan, "Ini untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah ini. Perdana menteri telah memberi tahu tentang hal ini."

belum jelas apakah GP Thailand yang selalu mengundang banyak penggemar akan dimundurkan atau benar-benar total dibatalkan seperti Qatar. 

Lalu, setelah dua seri awal tak bisa berlangsung, kapan balapan musim ini akan dimulai? Menurut jadwal awal, harusnya 5 April, di Austin, Amerika.

Namun, menurut laman Crash, jadwal itu pun diragukan akan digelar sesuai jadwal. Virus corona saat ini sudah merenggut korban jiwa di Amerika.

Seri berikutnya, di Argentina, pada 19 April, juga masih jadi pertanyaan. Laman berita yang khusus mengulas balapan motor dan mobil itu menyimpulkan, awal balapan kemungkinan baru akan dilakukan setelah memasuki putaran Eropa, yakni di Jerez pada 3 Mei atau bahkan lebih lambat lagi.

Daftar seri balapan MotoGP musim ini8 Maret: GP Qatar, Losial (dibatalkan)22 Maret: GP Thailand, Chang International Circuit, Buriram (Ditunda).5 April: GP Amerika, Circuit of the Americas, Austin19 April: GP Argentina, Autódromo Termas de Río Hondo, Termas de Rio Hondo3 Mei: GP Spanyol, Circuito de Jerez-Ángel Nieto, Jerez17 Mei: GP Prancis, Circuit Bugatti, Le Mans31 Mei: GP Italia, Mugello Circuit7 Juni: GP Catalonia, Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmeló.21 Juni: GP Jerman, Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal.28 Juni: GP Belanda, TT Circuit Assen, Assen.12 Juli: GP Finlandia, Kymi Ring, Iitti.9 Agustus: Gp Cek, Automotodrom Brno, Brno.16 Agustus: GP Austria, Red Bull Ring, Spielberg.30 Agustus: Gp Inggris, Silverstone Circuit, Silverstone.13 September: GP San Marino, Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano Adriatico.4 Oktober: GP Aragon, Motorland Aragón, Alcañiz.18 Oktober: GP Jepang, Twin Ring Motegi, Motegi.25 Oktober: GP Australia, Phillip Island Grand Prix Circuit, Ventnor.1 November: GP Malaysia, Sepang International Circuit, Sepang.15 November: GP Valencia, Circuit Ricardo Tormo, Valencia.

CRASH

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi