Ford Naik Lima Peringkat di CSI
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 30 Agustus 2008 01:31 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Peningkatan signifikan dilakukan Ford dalam survei J.D. Power Asia Pacific Customer Satisfaction Index (CSI) untuk market Indonesia. Tahun ini Ford naik lima peringkat, dari posisi tujuh tahun lalu ke posisi kedua. Ford berhasil meraih nilai 763 dari total nilai 1000.

Survei CSI J.D. Power Asia Pacific tahun 2008 ini ditentukan tujuh faktor atau indeks yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan; kualitas layanan, penguasaan masalah, layanan yang ramah, penasihat pelayanan inisiasi layanan, penyampaian layanan, serta pengalaman servis dalam dealer.

Survei dilakukan terhadap 2.589 pemilik mobil baru yang membeli mobil dalam periode antara Agustus 2006 hingga Mei 2007. Penelitiannya sendiri dilakukan Februari hingga Mei 2008 lalu. Hasilnya, Ford memperlihatkan prestasi yang menggembirakan pada faktor inisiasi layanan dan penasehat pelayanan.

"Semangat dan komitmen berkesinambungan kami dalam memberikan layanan purna jual pada konsumen, di 29 dealer Ford seluruh Indonesia, telah memberikan kontribusi dalam peningkatan prestasi ini," kata Will Angove, Presiden Direktur dari Ford Motor Indonesia.

Salah satu faktor yang memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pemberian layanan FMI adalah penggunaan sistem komputerisasi suku cadang dan layanan yang pertama di Indonesia, yaitu sistem PANDA dan Servis2. PANDA merupakan sistem suku cadang dan layanan yang terintegrasi ke seluruh dunia, sementara Servis2 merupakan sistem garansi yang juga terintegrasi secara global.

Kedua sistem ini mendukung dealer dengan cara memberikan informasi mengenai data ketersediaan suku cadang, sehingga seluruh Ford Superstore dapat memberikan informasi real time kepada konsumen. Sistem ini melengkapi layanan dalam warehouse suku cadang Ford seluas 6.000 m2 yang terletak di Sunter. RJ

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi