Melewati Batas Desain Sepeda Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 September 2008 13:50 WIB
Model spektakuler Victory Vision Tour

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sangat sulit bagi merek yang tidak terkenal bisa tampil mengesankan di pasar sepeda motor turing. Tapi Vision Tour yang dibuat Victory, merek sepeda motor yang baru 10 tahun umurnya,  bisa membuat semua orang--tidak hanya penggemar sepeda motor--akan berdecak.

Pemilik merek Victory, Polaris, memang pemain baru di dua roda dua. Semula Polaris mengambil spesialisasi sebagai pembuat mobil salju, ATV, dan semacamnya.

Pada 1997, mereka mulai memperkenalkan sepeda motor. Agar benar-benar berbeda dengan barang lain yang ada di pasar, mereka memproduksi sepeda motor dengan mesin terbesar di Amerika Serikat saat itu, 1.500 CC. Belakangan merek-merek lain baik dari Amerika maupun Jepang memasarkan sepeda motor bermesin sebesar ini.

Teknologi paling berbeda dari mesin Victory saat itu adalah kapasitas olinya. Victory membutuhkan oli sampai 4,5 liter, tidak berbeda jauh dengan oli yang digunakan pada mobil.

Sejak itu mereka mengeluarkan beberapa model. Tapi baru produksi terakhirnya, Vision Tour, bentuk sepeda motornya benar-benar menakjubkan.

Pada dasarnya sepeda motor ini sangat besar. Jadi, sulit nyelip apalagi jika didatangkan ke Jakarta. Ia tidak akan bisa berkelit dijepit mobil-mobil.

Sepeda motor ini juga tidak berbeda jauh dengan turing produksi Harley Davidson. Yang membedakan hanya satu: tempat duduknya lebih rendah dibandingkan sepeda motor sekelasnya: Harley Ultra Classic, Honda Gold Wing, atau BMW K1200LT.

Bentuk tudung didepannya bisa melindungi sejumlah perlengkapan elektronik dari hujan, termasuk speaker dan audio lain.

Selain bentuknya, perlengkapan sepeda motor ini relatif tidak aneh-aneh. Bagasi, misalnya, bisa memuat dua helm model full face. Sedang jok belakang, sedikit lebih tinggi dari yang depan. Penumpang belakang bisa melihat ke depan tanpa masalah.

Nurkhoiri/NYTNama: Victory Vision TourTipe: Sepeda motor turing yang terinspirasi roket Flash Gordon.

Harga: US$ 21,8 ribu (Rp 198 juta) tipe standar.Mesin: 3200 CC V-twinTenaga: 92 tenaga kudaKonsumsi bensin: 17 kilometer per liter

#Sepeda Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi