Tata Motors Akan Pindahkan Pabrik Perakitan Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 September 2008 09:35 WIB
Tata Motors

TEMPO Interaktif, New Delhi: Perusahaan otomotif raksasa India, Tata Motors, mencari lokasi baru untuk membuat mobil termurah di dunia, setelah membatalkan pembangunan pabriknya di timur India karena diprotes petani dan para politikus.

Tata mengumumkan pembatalan itu kemarin petang dengan menyatakan perusahaan menarik diri dari Bengal Barat untuk kebaikan bersama.

Namun, "kami sangat optimistis memikirkan kembali bekerja normal di lokasi Singur dalam beberapa hari ke depan, seolah tidak ada yang terjadi dalam beberapa bulan lalu," ujar pejabat senior perusahaan kepada AFP.

"Kami memiliki bisnis yang harus berjalan, tenggat waktu yang harus diselesaikan," ujarnya.

Tata berharap menjual mobil berhidung pendek di bulan Oktober seharga 100 ribu rupee atau (US$ 2.264).

Namun analist mengatakan peluncuran mobil yang dianggap termurah di runia itu akan ditunda beberapa bulan jika jalur perakitan dipindahkan ke pabrik Tata di Pune di negara bagian Maharasthra atau Patnagar.

Pabrik di luar kota Kalkuta di mana Tata telah berinvestasi US$ 350 juta telah ditutup sejak Jumat ketika perusahaan mengatakan tidak aman bagi staf untuk bekerja setelah mereka dihalangi secara kasar.

Protes terhadap pabrik telah berlangsung dua tahun di mana aktivis mengatakan petani miskin telah diusir untuk membangun pabrik, namun aksi protes yang berlangsung 10 hari terakhir telah megepung pabrik itu.

AFP/Erwin Z

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi