Kawasaki Riset Motor Listrik Pakai Kopling Layaknya Motorsport
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 28 April 2020 22:10 WIB
Motor listrik Kawasaki. Sumber: motorcycle.com

GOOTO.COM, JakartaKawasaki memastikan akan terjun ke segmen sepeda motor listrik namun menawarkan transmisi manual. Kebanyakan produsen menghadirkan motor listrik tinggal gas mirip dengan skuter. Motor yang dinamakan Endeavour ini dikembangkan dengan dasar pemikiran ala balap. Dari tampilan, kendaraan ini mengadopsi desain Kawasaki Ninja 250 FI.

Perusahaan Jepang ini telah mengumbar teaser motor bertenaga baterai di saluran YouTube. Tayangan tersebut ada sebanyak 10-episode menunjukkan sepeda prototipe berputar di trek balap saat pengendara menggunakan tuas yang dioperasikan kaki untuk memindahkan gear. "Transmisi manual tidak hanya memungkinkan rentang kecepatan yang lebih besar, tetapi juga memungkinkan pengendara untuk memiliki input yang lebih besar ketika mengoperasikan motor," dalam pernyataan Kawasaki.

Kawasaki menghadirkan motor listrik dengan transmisi manual 4 percepatan. Sumber: youtube Kawasaki

Kawasaki mengumumkan rencana untuk menggunakan listrik pada tahun 2019, tetapi spesifikasi teknis lengkap tentang Endeavour masih tersembunyi hingga saat ini. Situs Visor Down mengetahui bahwa motor ini akan menghasilkan tenaga sekitar 26 tenaga kuda dan torsi instan yang cukup besar karena mengandalkan motor listrik dari baterai lithium-ion. Penempatan baterai akan mengisi ruang yang biasanya ditempati oleh mesin. Motor listrik akan memutar roda belakang yang digerakkan rantai melalui transmisi manual empat kecepatan, fitur yang akan membuat Endeavour mengisi segmen baru motor listrik.

 

Indikator pada motor listrik Kawasaki. Sumber: youtube Kawasaki

Kawasaki berjanji model ini hadir dengan pendekatan rider-first untuk membuat sepeda motor. Perusahaan itu memastikan kendaraannya ringan, menyenangkan, dan responsif. Penekanan pada penggunaan lintasan sangat menarik, karena mengembangkan motor listrik yang mampu sirkuit adalah sesuatu yang terus diperjuangkan oleh Kawasaki. Paket baterai Endeavour jauh lebih kecil daripada mobil, sehingga dapat dengan cepat diisi dalam waktu yang relatif singkat, yang menghilangkan salah satu rintangan terbesar yang menghalangi mobil listrik seperti McLaren.

Di samping drivetrain, Endeavour tampak seperti motor sport yang cukup konvensional. Visor Down menambahkan bahwa itu adalah perpaduan bagian Z400 dan Z650 yang dibalut dengan fairing yang terinspirasi oleh Kawasaki Ninja 250 FI. Masih terlalu dini untuk mengatakan kapan Endeavour akan melakukan debut, tetapi ada kemungkinan motor ini tidak akan muncul di tahun 2020.

AUTOBLOG

#Kawasaki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi