Honda Langkahi Chrysler di Pasar AS
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 September 2008 10:23 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Honda Motor Co. melewati Chrysler LLC pada bulan Agustus untuk menempati tempat keempat penjualan di pasar Amerika Serikat tahun ini saat industri mobil memenangkan pangsa pasar dari truk ringan di tengah pertumbuhannya yang menurun.

Merek Asia dipimpin oleh Nissan Motor Co. yang memperoleh peningkatan 14 persen dari pasar AS Agustus menjadi 47,3 persen, mengalahkan General Motors Corp,. Ford Motor Co, dan Chrysler untuk bulan keempat, berdasarkan data perusahaan riset Autodata Corp kemarin. Meski Toyota Motor Corp dan Honda pun jatuh, namun penurunan mereka lebih kecil dari tiga perusahaan AS  tersebut.

Honda yang berbasis di Tokyo kemungkinan akan mempertahankan posisi nomor empat terkait perekonomian yang lesu dan harga bahan bakar yang berfluktuasi sehingga menurunkan permintaan untuk truk ringan yang merupakan lebih dari setengah volume penjualan Chrysler. Penjualan Honda 2008 di pasar AS meningkat 1,7 persen, sementara Chrysler menurun 24 persen.

"Hanya Honda dan Nissan produsen mobil besar yang mencatat angka pertumbuhan positif di AS untuk tahun kalender ini," kata Jesse Toprak, Direktur  Analisa Industri di perusahan riset Edmunds.com di Santa Monica, California. "Dengan kondisi ekonomi seperti ini, dengan penjualan dua digit penurunan untuk industri ini, perolehan itu sesuatu yang baik."

Penjualan mobil AS yang turun terus-menerus untuk bulan ke-10, memaksa industri mencatat total penjual terendah sejak awal 1990-an. Penurunan 15 persen, termasuk 22 persen penurunan untuk truk ringan,  menurut Woodcliff Lake, dari Autodata yang berbasis di New Jersey.

Produsen mobil Jepang dan Korea Selatan yang lebih fokus pada mobil, turun hanya 5,1 persen dari tahun sebelumnya saat mereka menjual 591.260 kendaraan bulan lalu. Pasar mereka di AS sebesar 42,2 persen di bulan Agustus 2007.

Honda, produsen mobil Jepang terbesar kedua, hingga Agustus menjual 1,083 juta mobil di AS, sementara Auburn Hills, Chrysler yang berbasis di Michigan, mencatat penjualan 1,076 juta untuk periode yang sama. Honda telah mencatat penjualan yang terus meningkat di pasar AS sejak 1994, peningkatan terlama dari produsen mobil besar.

Bloomberg/Erwin Z

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi