McLaren Siap Kurangi Bensin Hamilton
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 7 September 2008 11:22 WIB

TEMPO Interaktif, Spa-Francorchamps: Bos tim McLaren-Mercedes Ron Dennis mengisyaratkan akan mengurangi bahan bakar pembalap McLaren Lewis Hamilton agar mobilnya bisa melaju lebih cepat di Grand Prix (GP) Belgia, Minggu (7/9). Pasalnya, saat kualifikasi merebut posisi pole, strategi tersebut membuat Hamilton terpaut 0,34 detik dari lawan-lawannya.

"Kami tidak menyesal dengan selisih waktu kami. Sebab, berada di posisi pole di sini sangat penting. Dan jika pada balapan nanti hujan turun, kami mungkin tidak akan mengikuti pembalap-pembalap lainnya (dalam jumlah bahan bakar). Jadi saya cukup puas dengan posisi kami di sirkuit," ujar Dennis ketika ditanya apakah McLaren akan mengurangi bahan bakar di mobil Hamilton seperti dikutip GPUpdate, Minggu (7/9).

Pada saat kualifikasi, Hamilton mengemas catatan tercepat 1 menit 47,338 detik. Ia terpaut 0,34 detik di depan pembalap Ferrari Felipe Massa yang menempati posisi kedua.

Massa sendiri sempat mempertanyakan perbandingan jumlah bahan bakar McLaren dengan Ferrari. Pasalnya, McLaren tampil sangat cepat pada sesi kualifikasi.

Menanggapi hasil kualifikasi di Grand Prix Belgia, Dennis mengatakan, "Kami mengalami kemajuan di sini dan kami memiliki paket utama untuk (GP) Monza (pekan depan). Para pembalap pun telah tampil bagus. Ban yang kami pakai bekerja lebih baik ketimbang pesaing kami. Secara keseluruhan, usaha tim sangat bagus."

Massa sendirii berharap bisa mengulangi sukses di GP Hungaria untuk menyalip Hamilton di posisi terdepan pada GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (7/9).

Pada GP Hungaria di Budapest bulan lalu, Massa memulai balapan dari posisi ketiga. Akan tetapi, berkat penampilan gemilangnya di tikungan pertama, pembalap asal Brasil tersebut mampu menyalip Hamilton di posisi terdepan.

Di GP Belgia, Massa berada di posisi kedua setelah Hamilton. Namun, Massa merasa dirinya punya dua peluang untuk melewati Hamilton di putaran pertama. Untuk itu, Massa mengaku harus mengandalkan instingnya.

"Menurut saya yang terpenting adalah bagian awal start. Sebab di awal, Anda berpeluang berada sejajar dengan lawan dan saat hendak mengerem, Anda bisa mencoba mengerem agak terlambat lalu melihat hasilnya seperti apa," ujar Massa. "Itu semua tergantung bagaimana Anda memulai start dari awal."

Saat ini, Hamilton bertengger di posisi puncak klasemen sementara pembalap Formula Satu (F1). Pembalap asal Inggris itu mengantongi 70 poin atau terpaut enam poin dari Massa di posisi kedua.

Dengan enam balapan tersisa, Hamilton menilai saat ini Ferrari berada dalam tekanan untuk tetap tampil gemilang. "Saya rasa dua balapan mendatang sangat penting karena mereka memiliki mesin yang bagus. Namun, saya menilai kemampuan Ferrari bisa dipertanyakan," ujar Hamilton.

GP Update| ITV Sport| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi