Gelar Juara Hamilton di GP Belgia Dicopot
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 8 September 2008 08:43 WIB
TEMPO Interaktif, Spa Francorchamps: Pembalap McClaren Mercedes Lewis Hamilton dipaksa menyerahkan gelar juaranya pada GP Belgia. Panitia perlombaan memutuskan mencabut gelar The Brits dan memberikannya kepada Felipe Massa, usai penjaga perlombaan meihat pendatang baru Formula 1 musim lalu itu menyalip Kimi Raikkonen di tikungan ketika keduanya berduel mendapatkan posisi terdepan.

Akibat ulahnya Hamilton diberikan penalti 25 poin. Selain itu ia dipaksa menjadi juara ketiga yang tadinya ditempati pembalap BMW, Nick Heidfeld. Di lain pihak ini menjadi keuntungan sendiri bagi Massa yang semakin mendekatkan dua poin nilainya dengan Hamilton (74-76) pada klasemen nilai pembalap.

Massa yang menjadi pemenang GP Belgia tadinya finis di tempat kedua. Nick Heidfeld sendiri harus puas naik satu tingkat menjadi pemenang kedua.

Jalannya perlombaan di Sirkuit Spa Francorchamps penuh dengan drama. Raikkonen yang memulai lomba diposisi keempat sempat memimpin perjalanan lomba hingga turunnya hujan.

Posisi kemudian dimbil Hamilton. Tidak berhenti di sana Raikkonen sempat melakukan perlawanan dahsyat sebelum kehilangan kendali ketika mobilnya terpeleset dan menabrakkan tembok yang di lain pihak mobil Hamilton justru keluar dari lintasan.

Bahkan kedua pembalap itu sempat menabrakkan badan mobilnya masing-masing dan hampir menyebabkan tabrakan dengan pembalap lainnya. Melihat hal ini penjaga perlombaan memutuskan manuver yang dilakukan Hamilton salah.

“Itu merupakan lomba paling mengasikan sepanjang karier saya. Saya suka bertarung ketika berlomba,” kata Hamilton sebelum penalti diberikan, seperti dilansir Eurosport, Senin (8/9).

Eurosport | Bagus Wijanarko

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi