Begini Cara Membersihkan Emblem Mobil Kesayangan Agar Kinclong
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 23 Mei 2020 15:14 WIB
Logo Peugeot (Astra Peugeot)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaEmblem bisa merupakan identitas sebuah kendaraan. Karena itu, emblem juga perlu dirawat agar mengkilap seperti bagian-bagian lain dari mobil kesayangan. Nah, di waktu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi virus corona dan mobil lebih sering parkir di garasi, ada baiknya untuk tidak melupakan merawat emblemnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Astra Peugeot membagikan tips merawat emblem secara mudah dan bisa dilakukan sendiri saat #Dirumahsaja.

Aktivitas car care menjadi pilihan. Tujuannya agar komponen di mobil tidak mudah karat atau korosi. Makanya sering dilakukan tiap 2 kali seminggu agar tampilan luar bodi mobil terlihat kinclong terus-menerus.

Emblem atau logo biasanya terdapat di beberapa area, mulai dari grill, buritan hingga bagian tengah dari lingkar kemudi. Jangan lupa membersihkan sisa noda pada bagian dalam celah logo atau emblem tulisan di bodi mobil. Maklum area ini kerap diabaikan sebagian pemilik kendaraan.

Jika diperhatikan, area ini banyak ditemukan kotoran, bahkan kerak dan jamur bersarang di celah logo tersebut. Kotoran macam itu biasanya muncul di mobil yang usia pakaianya lebih dari tiga tahun.

Cirinya emblem terkesan kusam lantaran sudah berlapis ragam noda. Namun tidak perlu khawatir, karena ada cara paling mudah untuk pembersihannya dan bisa dilakukan sendiri. Siapkan saja produk All Purpose Cleaner yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif.

“Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia,” ujar Samsudin, National Technical Advisor Astra Peugeot, dalam keterangan resmi, Sabtu, 23 Mei 2020.

Cairan pembersih yang tidak tepat biasanya mengandung unsur acid. Cairan ini dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo dan emblem yang terbuat dari metal maupun plastik. Selain itu, siapkan juga perangkat pendukung seperti cotton bud serta sikat gigi berbulu halus yang biasa dipakai untuk bayi.

Jika semua perlengkapan dan material cairan pembersih sudah siap, sobat Peugeot bisa langsung mulai dengan mengawali membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Lalu semprotkan cairan pembersih secara merata dibagian logo yang akan dibersihkan.

Bisa disemprotkan agak banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal.

Untuk proses perontokkan kerak, bisa dimulai dengan menggosokan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores. Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

“ Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya,” ujar Samsudin.

Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang. Dan jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom lainnya di mobil Peugeot kesayangan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi