Toyota RAV4 PHEV Meluncur di Jepang, Bisa untuk Genset Darurat
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 9 Juni 2020 14:36 WIB
Toyota RAV4 PHEV 2020. (Toyota Global)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Toyota CityToyota RAV4 PHEV (Plug-in Hybrid Electic Vehicle) resmi diluncurkan di Jepang, 8 Juni 2020. RAV4 PHEV diproduksi di pabrik Nagakusa, Toyota Industries Corporation. RAV4 PHEV mengadopsi Toyota Hybrid System (THS II) yang telah dikembangkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Harga ritel yang disarankan oleh pabrikan untuk model baru ini di kisaran 4.690.000 yen hingga 5.390.000 yen (setara Rp 608,5 juta hingga Rp 699,4 juta, kurs saat ini 1 yen setara Rp 129). Toyota Motor Corp., menargetkan penjualan sebanyak 300 unit per bulan untuk pasar Jepang.

RAV4 PHEV memiki desain eksterior khas SUV modern dengan gril depan tak beda jauh dengan RAV4 model lainnya. Model ini didesain memiliki pusat gravitasi yang rendah untuk meningkatkan performanya. Model ini sudah mengusung lampu DRL LED. Di bagian kaki-kaki, dilengkapi roda aluminium 19 inci.

Toyota RAV4 PHEV 2020. (Toyota Global)

Di bagian interior, RAV4 PHEV dibekali layar display 9 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Layar ini juga terintegrasi dengan layanan SmartDeviceLink. Menariknya, fitur ini juga mudah terkoneksi ke smartphone sehingga mendukung sistem navigasi, panggilan telepon, pengiriman pesan, dan aplikasi musik kesayangan. 

Di bagian kursi pengemudi dan penumpang depan serta penumpang belakang dilengkapi dengan pemanas di sisi kiri dan kanan. Fitur ini sangat membantu saat berkendara di musim dingin.  

Toyota RAV4 PHEV dilengkapi dengan mesin A25A-FXS 2.487 cc. Mesin ini mampu menghasikan daya 177PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 219 Nm pada 3.600 rpm. Tenaga ini perkaya dengan dua motor listrik yang berada di roda depan dan belakang. Untuk motor listrik di depan, mampu menghasilkan daya maksimum 182 PS dan torsi maksimum 270 Nm. Sedangkan motor listrik di roda belakang mampu menghasilkan output maksimum 54 PS dan torsi puncak 121 NM. Kombinasi sistem penggerak tersebut menghasilkan daya maksimum 306 PS.

RAV4 PHEV terbaru diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya adalah motor depan dan inverter menghasilkan daya lebih kuat dibanding sistem hybrid RAV4. Model baru ini juga dilengkapi baterai lithium-ion berkapasitas tinggi dengan output maksimum 225 kW. 

Interior Toyota RAV4 PHEV 2020. (Toyota Global)

Untuk menghadirkan sisi fun to drive, khas kendaraan Toyota, RAV4 PHEV dilengkapi depan pengendaraan yang sporty serta bertenaga.

Baterai RAV4 PHEV sanggup digunakan berkendaraan dengan tenaga listrik penuh sejauh 95 kilometer. Jangkauan ini diklaim sebagai yang tertinggi di kelasnya. Konsumsi bahan bakar mesin konvensional dengan sistem hybrid RAV4 PHEV juga diklaim irit, 22 kilometer per liter (estimasi konsumsi bahan bakar berdasarkan MILT WLTC mode.

Jika digabung secara keseluruhan, baterai plus sistem hybrid bisa menempuh jarak total 1.316 kilometer (95 kilometer + konsumsi BBM 22,2 kilometer per liter X kapasitas tanki 55 liter).

System plug-in hybrid electric vehicle pada Toyota RAV4 PHEV 2020. (Toyota Global)

RAV4 PHEV baru hadir dengan fungsi catu daya eksternal maksimum 1.500 W (AC 100 V) sebagai peralatan standar yang berguna selama pemadaman listrik dan keadaan darurat lainnya, dan untuk kegiatan rekreasi di luar ruangan. Istilah sederhananya, mobil ini bisa menjadi genset darurat saat dibutuhkan. 

Selain soket listrik aksesori di kompartemen bagasi, ia juga dilengkapi dengan konektor daya kendaraan yang dapat dicolokkan ke socket masuk pengisian reguler di bagian belakang (kanan) kendaraan untuk digunakan sebagai soket daya eksternal.

Sejak debut pada 1994, Toyota RAV4 telah memasuki generasi kelima pada April 2019. Secara global, penjualan model ini sudah mencapai lebih dari 10 juta unit.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi