Agar Tape Mobil Bisa Memutar MP3  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 September 2008 12:48 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Mudik Lebaran tentu lebih asyik jika dalam mobil Anda mengalun lagu-lagu kegemaran yang tersimpan dalam format MP3. Bahkan jika tape dalam mobil model "jadoel" yang hanya bisa memutar kaset atau menangkap radio, Anda tetap bisa mendengar lagu-lagu MP3 kesayangan.

Caranya gampang dan ada beberapa pilihan. Tentu Anda harus mengeluarkan uang untuk menjadikan tape mobil itu bisa dipakai memutar MP3. Tapi dijamin, investasinya jauh lebih murah daripada mengganti tape model jadoel Anda.

Investasi pertama, tentu saja, memiliki pemutar MP3 digital. Jika Anda memiliki iPod, masalah sudah selesai. Atau, jika Anda memiliki ponsel dengan MP3 yang memiliki colokan earphone 3,5 mm, masalah ini juga sudah terselesaikan dengan sendirinya.

Jika Anda tidak memiliki pemutar MP3 portabel, tentu saja mesti membeli. Tapi jangan cemas, harganya terus turun. Dengan harga dibawah Rp 200 ribu, sudah bisa didapat pemutar MP3 berkapasitas 1 gigabita--kira-kira cukup untuk  250 lagu.

Nah, berikutnya adalah mencari peralatan yang menghubungkan pemutar MP3 ini dengan tape recorder. Ada sejumlah pilihan:

Pemutar MP3 Sekaligus Pemancar FM

Cara paling praktis adalah pemutar MP3 yang bisa memancarkan sinyal radio FM. Dengan cara ini, tidak ada kabel centang-perenang di dalam mobil. Tenaganya diambil dari lubang geretan di dashboard mobil. Begitu dinyalakan, peralatan ini menjadi pemancar radio mini. Kita tinggal menyalakan radio FM dalam mobil dan lagunya terpancar.

Pemutar MP3 dan Modulator Radio

Jika Anda kesulitan mencari pemutar MP3 radio sekaligus pemancar radio, atau sudah memiliki MP3 dan tidak ingin membeli lainnya, bisa menggunakan cara kedua ini. Pemutar MP3 dan pemancar radio.

Pemutar MP3 bisa jenis apa pun, asalkan colokan earphone dari jenis standar 3,5 milimeter. Lewat colokan earphone ini, kabel dari modulator radio disambungkan. Modulator radio mendapat tenaga dari colokan geretan.

Begitu dinyalakan, sinyal pemutar MP3 akan diubah menjadi gelombang radio FM. Kita tinggal menyalakan radio di tape mobil untuk mendengarkan. Harga modulator radio ini di pusat belanja kurang dari Rp 200 ribu.

Pemutar MP3 dan Adaptor Kaset

Cara lain adalah menggunakan pemutar MP3 yang disambungkan dengan adaptor kaset. Adaptor ini bentuknya persis kaset standar. Hanya ada kabel melanjang dari satu ujungnya. Kabel ini untuk dicolokkan dengan pemutar MP3 lewat colokan 3,5 milimeter. Cara mendengarkannya, Anda menyalakan pemutar MP3, dan adaptor kaset itu dimasukkan ke tape.

Harga adaptor kaset ini cukup murah, hanya beberapa puluh ribu rupiah. Selain itu, kualitas suara sangat stabil. Kelemahannya satu: hanya untuk tape, tidak bisa untuk pemutar CD seperti peranti audio mobil model baru.

Colokan "Aux"

Cek tape mobil Anda. Jika sudah ada colokan "Aux" di depan, Anda tidak perlu repot membeli adaptor kaset atau modulator FM. Anda hanya perlu membeli kabel colokan earphone dua arah. Colokan itu tinggal dihubungkan dengan tape mobil dan pemutar MP3.

Nurkhoiri

#Puasa-Lebaran 2008

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi