General Motor Menarik Dana US$ 3,5 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 20 September 2008 10:56 WIB

TEMPO Interaktif, Detroit: General Motor Jumat mengatakan pihaknya bermaksud menarik sisa US$ 3,5 miliar dari US$ 4,5 miliar fasilitas kredit berputarnya untuk menjaga fleksibilitas keuangan di masa ketidakpastian pasar uang saat ini.

"Mengakses dana yang tersedia bagi kami merupakan langkah tindakan likuiditas hati-hati. Penarikan dana bergulir itu meningkatkan posisi likuiditas kami ketika pasar keuangan menjadi lebih menantang," kata pejabat keuangan GM Walter Borst.

"Penarikan dana itu akan memperkuat posisi likuiditas perusahaan," kata Borst.

Borst mengatakan dana hasil penarikan juga akan digunakan untuk membayar utang US$ 750 juta utang yang jatuh tempo Oktober, dan untuk membayar Delphi Corporation lebih dari US$ 1,2 miliar sebagai baian dari reorganisasi perusahaan, jika pengadilan menyetujui perbaikan kesepakatan antara GM dan Delpi yang diajukan awal bulan ini.

Perusahaan Penjamin Pensiun AS telah meminta Delphi Corp yang bangkrut menyerahkan dana US$ 1,2 miliar untuk menutupi kewajiban pensiun pada akhir September.

Delphi yang berbasis di Troy, Michigan, diajukan pailit dan  memohon bantuan keuangan lebih dari US$ 11 miliar kepada GM, yang awalnya merupakan perpanjangan perusahaan pada 1999.

AFP/Erwin 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi