Mengenal Mitsubishi Pajero Sport yang Lahir dari DNA Reli Dakar
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 27 Juli 2020 20:30 WIB
Mitsubishi Pajero saat mengikuti reli Dakar tahun 1990an. (Mitsubishi)
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, JakartaKabar mengagetkan datang dari Jepang hari ini, Senin, 27 Juli 2020. Pajero Manufacturing Co., Ltd., resmi ditutup. Pabrik itu selama ini digunakan untuk memproduksi SUV legendaris, Pajero. Namun, tulisan ini tidak ada sangkut pautnya dengan penutupan pabrik itu. Ini adalah Pajero lain, yakni Mitsubishi Pajero Sport. SUV medium seperti yang sering kita lihat di jalanan di Jakarta. Pajero dikenal sebagai salah satu model SUV tangguh. Namanya mentereng di reli paling ganas di dunia, Reli Dakar. Inspirasi dari ajang reli tersebut yang melahirkan mobil-mobil penumpang Mitsubishi yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Mitsubishi Pajero Sport.Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan bahwa Pajero Sport memang memiliki kesan Dakar yang sangat kuat. Hal itu dikarenakan Mitsubishi Pajero Sport lahir dari DNA Mitsubishi Pajero yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang reli Dakar dengan 12 gelar. Kesuksesan itu yang menjadi cikal bakal pengembangan model Mitsubishi Pajero Sport. “Meski merupakan jenis yang berbeda, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport memiliki kemiripan dari sisi ketangguhan serta daya tahan yang teruji di ajang balap reli internasional,” kata Nakamura dalam keterangan resmi, Senin, 27 Juli 2020.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran reli Dakar terhitung sejak 1985 silam. Dominasi Mitsubishi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007.

Mitsubishi Pajero. (Mitsubishi)

Generasi Pertama

Generasi pertama Mitsubishi Pajero Sport dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada tahun 1996. Saat itu, generasi awal memiliki desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Pada awalnya, Mitsubishi Challenger dipasarkan untuk pasar domestik Jepang saja. Namun penerimaan yang positif membuat setahun kemudian mobil tersebut di ekspor ke beberapa negara. Kegiatan ekspor ini membuat Mitsubishi Challenger dikenal dengan nama yang berbeda disetiap negara, seperti Mitsubishi Pajero Sport (Eropa), Montero Sport (Amerika dan sekitarnya), Shogun Sport (Inggris) dan Strada G-Wagon (Thailand). Seiring dengan perkembangannya, mobil ini tidak hanya dirakit di Jepang tapi juga di Tiongkok pada tahun 2003 dan Brazil tahun 2006. 

Mitsubishi Pajero Sport. (Mitsubishi)Generasi Kedua

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua memiliki konsep kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV) yang tetap tangguh di segala medan, namun tetap nyaman untuk menemani aktivitas perkotaan. Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini juga yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009.

Saat itu, Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.

Pada tahun 2013, Mitsubishi Pajero Sport mendapat penyegaran baik eksterior dan interior. Penyegaran ini membuat Mitsubishi Pajero Sport semakin sporty, dinamis, dan agresif. Memasuki tahun 2014, Mitsubishi Motors kembali menambah varian Mitsubishi Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang memberikan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

Mitsubishi Pajero Sport. (Mitsubishi)

Generasi Ketiga

Di awal tahun 2016, Mitsubishi Motors memperkenalkan Mitsubishi Pajero Sport generasi ketiga dengan taampilan baru dan lebih modern. Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam ala Dynamic Shield khas Mitsubishi di bagian depan. Dapur pacu juga dilengkapi dengan mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini dilengkapi dengan transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga lebih nyaman dikendarai dan semakin mudah dikendarai di berbagai medan.

Sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga hari ini, penerimaan masyarakat akan Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indonesia Mitsubishi Pajero Sport juga telah menerima total 40 penghargaan dari media serta publik di Indonesia. Keseluruhan penghargaan ini menjadi bukti Mitsubishi Pajero Sport menjadi kendaraan yang dapat diandalkan bagi keluarga Indonesia untuk terus bereksplorasi dengan performa tangguh.Di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport berduel dengan Toyota Fortuner, Nissan Terra, dan Isuzu mu-X. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi