Mitsubishi Fuso Perkenalkan 2 Konsep Kendaraan Canggih
Reporter: Bisnis.com
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 4 Agustus 2020 22:07 WIB
Mitsubishi Fuso E-Canter bertenaga listrik. (Mitsubishi Fuso)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memamerkan dua kendaraan konsep di Fuso Future Solutions Lab, Jepang, yakni ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aydogan Cakmaz, Wakil Presiden Senior dan Kepala Rekayasa Produk Mitsubishi Fuso, mengatakan menciptakan inovasi adalah salah satu pilar utama penelitian dan pengembangan MFTBC sebagai kunci pasar jangka panjang.

"Kami akan terus mengembangkan produk-produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat dengan teknologi canggih kami,” kata dalam keterangan pers dari Mitsubishi Fuso yang dikutip Bisnis.com pada hari ini, Selasa, 4 Agustus 2020.

Selain proses pengembangan produk konvensional, MFTBC telah melakukan berbagai inisiatif di dalam dan di luar perusahaan untuk mendorong gagasan produk inovatif yang menjawab kebutuhan dan tantangan sosial.

Di bawah kepemimpinan Departemen Rekayasa Produk Mitsubishi, MFTBC menyelenggarakan berbagai lokakarya dan hackathon dengan universitas Jepang dan luar negeri, serta kolaborasi dengan para pemula.

Lebih dari 100 ide telah dihasilkan, termasuk proposal dari departemen di luar bidang teknik.

Di antara inovasi produsen kendaraan komersial terkemuka di bawah payung Daimler Trucks Asia yang dipamerkan di Fuso Future Solutions La pada Kamis, 30 Juli 2020, adalah ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.

ECanter SensorCollect adalah konsep truk pengumpul sampah Mitsubishi Fuso berdasarkan eCanter semua-listrik. Kendaraan ini menggunakan aplikasi truk beban ringan bebas emisi sebagai sarana pengumpulan sampah yang lebih efisien dan sadar lingkungan.

Operator dapat mengontrol SensorCollect eCanter dari jarak jauh, melalui HMI nirkabel (Human Machine Interface).

Adapun Canter Athena adalah model konsep berdasarkan 4WD Canter yang dibangun untuk keperluan penyelamatan darurat.

Canter Athena dirancang bersama dengan Lembaga Penelitian Manajemen Bencana dan Sistem Medis Darurat Universitas Kokushikan.

Canter Athena pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show ke-46 pada 2019 sebagai respons terhadap tuntutan situasional unik dari bencana alam.

Institut berencana menyebarkan Canter Athena dalam respon darurat di masa depan.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi