Toyota Akan Luncurkan Camry Bertenaga Gas  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 25 September 2008 09:57 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Toyota Motor Corp. memperluas lini mobil bertenaga alternatifnya di luar Prius, dengan memperkenalkan Camry Hybrid di bulan November yang akan bertenaga gas alam yang dimampatkan (CNG) di tengah kenaikan harga minyak.

CNG Camry itu akan ditampilkan di Los Angeles Auto Show, yang akan dibuka untuk pers 19 November, kata eksekutif Toyota di Portland, Oregon, kemarin.

"Kami mengkonfirmasi minat kami untuk mengejar CNG dalam lingkup R&D kami," kata Irv Miller, wakil presiden untuk penjualan Toyota di AS. "Penurunan harga gas alam, perkiraan peningkatan pasokan di Amerika Utara, dan rendahnya tingkat polusi dibandingkan bensin membuatnya menarik," ujarnya.

Kenaikan harga bensin di AS lebih dari US$ 4 per galon dan aturan emisi kendaraan yang semakin ketat di AS telah membuat Toyota dan produsen mobil lainnya mendorong investasi teknologi hemat bahan bakar.

Toyota berencana untuk menguji Prius bertenaga lithium-ion tahun depan dan saingannya Honda Motor Co. telah mulai menawarkan sedan bertenaga hidrogen untuk pengendara di Los Angeles. General Motors Corp. juga bermaksud menjual Volt bertenaga baterai tahun 2010.

Harga gas alam turun 4 persen dari level tertinggi 3 Juli. Gas untuk pengiriman Oktober naik 27,3 sen, atau 3,6 persen, di posisi US$ 7,931 per MBTU kemarin di pasar perdagangan New York.

Honda menjual sedan Civic bertenaga CNG, satu-satunya model yang dijual di AS. Badan Perlindungan Lingkungan AS memeringkatnya sebagai kendaraan dengan pembuangan asap terendah di antara kendaraan dengan mesin pembakaran internal.

Bloomberg/Erwin

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi