Orang Tua Bisa Batasi Kecepatan Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 7 Oktober 2008 11:32 WIB
TEMPO Interaktif, Detroit: Bila tak mau anak remaja Anda kecelakaan lantaran kebut-kebutan dengan mobil baru, ada baiknya menunggu produksi terbaru Ford Motor pada 2010. Pada model terbaru nanti, orang tua bisa membatasi kecepatan mobil maksimal 128 kilometer per jam dengan cip komputer di kunci.

Bahkan, orang tua pun bisa menyetel volume maksimal audio mobilnya. Termasuk pula alarm yang akan berbunyi bila pengemudi tak mengenakan sabuk pengaman.

"Pesan kami kepada orang tua adalah, kami menyediakan kondisi pengemudi yang akan membuat anda merasa lebih nyaman dalam mengizinkan mereka menyetir," kata Jim Buczkowski, Direktur Elektronik dan Teknik Sistem Kelistrikan Ford.

Fitur baru itu disebut MyKey. Ia akan ditanamkan pada model terbaru 2010, termasuk keseluruhan model Ford, Lincoln, dan Mercury. Debutnya akan dimulai pada Ford Focus.

Sebelumnya, Ford sudah memakai cip komputer pada kunci untuk mencegah pencurian. Mobil tidak akan bisa di-starter sebelum membaca cip di kunci.

Buczkowski mengatakan, hasil riset pasar mereka menemukan 75 persen orang tua menyukai pembatasan kecepatan dan audio. Namun, seperti sudah diduga, 67 persen remaja tak menyukainya.

"saya tak mau orang tua saya mengontrol bagaimana saya menyetir," kata Danisha Williams, pelajar 16 tahun dari SMU Southfield-Lathrup, Detroit. "Kalau orang tua terlalu banyak memegang kendali, anda tidak akan bisa belajar."

DEDDY SINAGA | AP

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi