Daihatsu New Xenia VVT-i Kian Kinclong dengan Minor Change
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 13 Oktober 2008 15:45 WIB
Daihatsu Xenia VVTi

TEMPO Interaktif, Jakarta: September menjadi bulan gembira bagi PT Astra Daihatsu Motor. Pabrikan Daihatsu itu mencatatkan prestasi sebagai agen tunggal pemegang merek peringkat kedua di pasar otomotif nasional dengan penjualan 8.733 unit.

Catatan yang patut dicermati karena, di saat yang sama, penjualan nasional sebenarnya mengalami penurunan sekitar 6 persen. Bagi Astra Daihatsu Motor, ini adalah angka tertinggi yang bisa ditorehkan sepanjang 2008. Sebelumnya, catatan tertinggi adalah 7.588 unit, yang dibuat Juli lalu. Bahkan, jika dibandingkan dengan penjualan Agustus sebelumnya, penjualan Daihatsu naik 18 persen.

Sumbangan penjualan terbesar diberikan Xenia, MPV andalan Daihatsu, yang mencapai 42 persen. Setelah itu, ada Gran Max di posisi kedua dengan 35 persen serta SUV Terios dan city car Sirion dengan 22 persen.

Sejak diperkenalkan pada 2004, Xenia menjadi salah satu produk yang cukup laris. Guna memperkuat line-up-nya, diluncurkanlah gubahan ketiga, Daihatsu New Xenia, pada pertengahan puasa lalu.

"Sudah saatnya para pengguna Xenia keluaran 2004 mengganti kendaraannya. Dibandingkan dengan Xenia 2004, Xenia yang baru sekarang sudah dilengkapi dengan power steering dan VVT-i. Bentuknya juga lebih fresh dan mewah," kata Suparmo Djasmin, CEO PT Al-DSO.

Memang, tak banyak perubahan yang dilakukan pada tiga model Xenia Li, Mi, dan Xi. Tapi, jika dibandingkan dengan model lama, ya, seperti kata Suparmo tersebut, model baru ini lebih fresh dan mewah.

Perubahan, misalnya, terlihat pada door handle yang tak lagi kuno karena kini dibuat menjadi sewarna dengan bodi dan black out pilar di seluruh jendela yang menjadikannya semakin mewah (tipe Li dan Xi).

Masuk ke kabin, interior juga mengalami perubahan pada warna dan material dashboard, door trim, serta pelapis kursi (tipe Xi dan Li). Steering wheel design, yang dulu tiga pilar, kini menjadi 4 spokes (khusus tipe Xi).

Warna register AC, yang sebelumnya sewarna dengan dashboard, diganti menjadi beraksen hitam (tipe Li dan Xi). Huruf pada meter combination dibuat menjadi lebih jelas (tipe Li dan Xi), ada penambahan jam digital pada center cluster, serta <head unit audio diganti dengan cassette player full logic (tipe Li).

Baris kedua tempat duduk kini dilengkapi sabuk pengaman untuk 3 orang (tipe Li dan Xi). Sedangkan untuk mesin, yang kini menggunakan teknologi VVT-i, tersedia dua pilihan. Pertama, mesin EJ-VE 1.0 VVT-i DOHC, yang merupakan satu-satunya mesin berkapasitas 1.000 cc yang dilengkapi dengan sistem VVT-i di Indonesia. Serta mesin K3-VE 1.3 VVT-i DOHC.

Gubahan baru ini memang sedikit mengoreksi harga Xenia sebesar Rp 3-4 juta. Tipe terendah, Mi, kini menjadi Rp 94,8 juta. Tipe menengah, Li, naik menjadi Rp 105,1 juta, sedangkan tipe tertinggi, yang berkode Xi, dibanderol Rp 113,3 juta. Kesemuanya on-the-road.

Bagaimana kabar Avanza? Tak mau kalah, PT Toyota Astra Motor akan segera meluncurkan Avanza model baru pada awal pekan ini. Seperti apa "sepupu" Xenia ini? Apa saja perubahannya? Kita tunggu saja.

Raju Febrian

PERUBAHAN XENIA BARU

- Door handle sewarna dengan bodi.- Pilar tak lagi sewarna dengan bodi, tapi beraksen black out.- Dashboard abu-au gelap dan door trim abu-abu muda.- Warna pelapis jok lebih gelap.- Dilengkapi seat back pocket (Xi).- Kursi baris kedua dilengkapi sabuk pengaman (Li dan Xi).- Steering wheel menggunakan 4 palang (Xi).- Register AC menggunakan aksen hitam (Li dan Xi).- Desain huruf pada speedometer baru (Li dan Xi).- Center cluster dilengkapi jam digital (Li).- Cassette player full logic (Li).- Dua warna baru noble grey dan royal red (Li & Xi).

RIVAL

Toyota Avanza 1.3 LMesin: K3-VE, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT-iKapasitas: 1.298 ccDaya: 92 ps @ 6.000 rpmTorsi: 12.2 Nm @ 4.400 rpmHarga:- 1.3 E M/T Minor ChangeRp 116,8 juta- 1.3 E M/T Dress-Up Minor ChangeRp 121,8 juta- 1.3 G M/T B Minor ChangeRp 129,25 juta- 1.3 G M/T Minor ChangeRp 131,75 juta


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi