Stoner Ingin Segera Uji GP9
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 14 Oktober 2008 21:51 WIB
TEMPO Interaktif, London: Meski musim ini masih menyisakan dua balapan, pembalap Ducati Marlboro Casey Stoner sudah memikirkan untuk menguji motor Ducati Desmosedici GP9. Namun, pembalap asal Australia tersebut tetap berusaha memberikan yang terbaik di dua sisa balapan musim ini.

Stoner baru saja menjuarai Grand Prix Australia setelah mengalami paceklik kemenangan sejak Grand Prix Jerman pada Juli lalu. Stoner sendiri telah mencoba versi awal dari GP 9 pada tes di Catalunya awal Juni. Saat itu, Stoner mengemas catatan waktu terbaik mengalahkan catatan terbaiknya dengan motor GP8 yang digunakan tahun ini.

Stoner dijadwalkan kembali menggelar tes GP9 di Valencia pada 26 Oktober. Itu dilakukan sebelum ia menjalani operasi pergelangan tangan. 

"Kami akan memberikan yang terbaik untuk mengakhiri musim ini dengan cara yang positif dengan hasil yang bagus. Meskipun, pikiran saya saat ini tertuju pada tes akhir musim ini di Valencia untuk memulai tes dengan Desmosedici baru," ujar Stoner.

Stoner saat ini bertengger di posisi kedua klasemen sementara pembalap MotoGP dengan 245 poin di bawah pembalap Fiat Yamaha Valentino Rossi yang meraih 332 poin. Stoner terpaut 36 poin dari posisi ketiga yang diduduki pembalap Honda Dani Pedrosa. Jika bisa mempertahankan selisih dengan Pedrosa sedikitnya 25 poin di Grand Prix Malaysia pada akhir pekan, Stoner berpeluang besar akan tetap berada di posisi kedua klasemen akhir MotoGP musim ini.

Dengan pengalaman menjuarai Grand Prix Malaysia di tiga kelas berbeda, Stoner berharap bisa mengulangi lagi prestasi gemilangnya di Sirkuit Sepang. Stoner pernah menjuarai Grand Prix Malaysia di kelas 125 cc pada 2004 dan di kelas 250 cc pada 2005.

"Dalam beberapa balapan terakhir, kami berhasil menuai hasil yang positif saat latihan dengan kondisi kering, namun kami sedikit mengalami kesulitan saat kondisi sirkuit basah. Kami rasa, kami telah menemukan penyetelan yang cocok saat kondisi basah di Australia. Jadi, kecuali ada masalah yang tidak kami harapkan, kami akan tampil bagus di segala kondisi di Sepang," tegas Stoner. 

Project Director Ducati MotoGP Livio Suppo pun menilai Sepang merupakan sirkuit yang bersahabat bagi Ducati. "Kami tampil bagus di sana saat uji coba musim dingin. Dan Casey beserta Marco (Melandri) menuai hasil positif di sirkuit ini. Kami berharap kami bisa mempertahankan tradisi," tegas Suppo.

Crash| Kodrat Setiawan

#MotoGP

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi