Tips Atasi Kaca Jendela Mobil Bermasalah
Reporter: Moh Khory Alfarizi
Editor: Jobpie Sugiharto
Selasa, 24 November 2020 19:58 WIB
ilustrasi jendela mobil (pixabay.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Bagi pemilik mobil tentu pernah mengalami masalah pada kaca jendela mobil atau kaca mobil, seperti seret atau tidak bisa naik-turun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Bengkel Auto KOOL di Jalan Sunan Gunung Jati, Pasindangan, Kabupaten Cirebon, Sutarno, menjelaskan apa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

Menurut Sutarno, penyebab seretnya kaca jendela mobil atau kaca mobil dengan power window biasanya bermasalah karena karet channel-nya yang sudah kering atau keras.

“Harusnya licin, tapi bisa seret. Umur kendaraan bisa jadi penyebab karena perawatan yang kurang,” ujar pria 32 tahun itu hari ini, Selasa, 24 Novemberr 2020.

Ditemui di sela waktu istirahatnya, Sutarno menerangkan bahwa perawatannya juga cukup mudah. Hanya dengan spray khusus seharga Rp 50 ribu-an karena channel seret bisa lancar kembali.

Spray untuk power window itu dijual umum di toko-toto atau bengkel mobil.

Pokoknya yang penting rutin, bisa seminggu sekali. Kalau sudah bunyi saat menaikkan atau menurunkan kaca bisa langsung semprot dulu,” kata ayah satu anak ini.

Adapun elektrik dari kaca jendela mobil atau kaca mobil, Sutarno melanjutkan, biasanya masalahnya pada motor, dan carbon brush, yang juga karena usia mobil.

Biasanya tiap pemakaian tiga tahun kinerja motor elektrik agak berat. Jika ini terjadi, pengguna mobil bisa mengganti carbon brush.

"Di bengkel ini juga bisa (mengerjakannya),” tutur pria asli Solo yang sudah tujuh tahun bekerja di Auto KOOL.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi