Mandalika Gelar Balap Motor World Superbike 2021
Reporter: Moh Khory Alfarizi
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 2 Desember 2020 06:46 WIB
Rancangan Desain Sirkuit Mandalika. (foto: ITDC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan DORNA WorldSBK Organization (DWO) memastikan Indonesia menjadi penyelenggara balap motor Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK). Gelaran itu akan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 14 November 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepastian ini tertulis dalam Provisional Calender Balap WorldSBK 2021 yang di umumkan FIM dan DWO pada hari Senin, 30 November 2020, yang mencantumkan Sirkuit Mandalika bersama 12 sirkuit lainnya di dunia. Namun demikian, penyelenggaraan di sirkuit Mandalika tergantung pada selesainya pembangunan yang saat ini masih dikebut dan proses homologasi sirkuit.

Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), penyelenggara WorldSBK, menyambut gembira pengumuman FIM dan DWO yang sudah menetapkan tanggal pelaksanaan di Mandalika. “Kami optimis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021," ujar Ricky dalam keterangan tertulis, Senin, 30 November 2020.

Menurut Chief Strategic & Communication MGPA Happy Harinto, selain sebagai pemilik kegiatan MotoGP, DORNA juga memiliki kegiatan WorldSBK, ajang balap motor komersial yang non-pabrikan, yang berbeda dengan MotoGP. "DORNA telah memberikan kontrak penyelenggaraan MotoGP dan WorldSBK kepada Mandalika Grandprix Association," kata dia.

Gelaran WorldSBK akan menggunakan sepeda motor komersial yang dijamin tidak kalah seru dengan balap MotoGP. Ricky menambahkan, hal ini ditunjukan dengan semakin meningkatnya jumlah tim dan pembalap serta jumlah sirkuit yang menyelenggarakan WorldSBK.

"Saya menyambut kegiatan WorldSBK sebagai tambahan atraksi balap motor kelas dunia bagi pecinta balap motor Indonesia," tutur Ricky.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi