Alibaba-SAIC Bikin Mobil Listrik Pesaing Tesla, Segera Dipasarkan
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 24 Januari 2021 20:01 WIB
Sedan listrik Shiji Auto, usaha patungan Alibaba-SAIC. (electrive.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaRaksasa e-commerce asal Cina, Alibaba, telah mendirikan usaha patungan mobil listrik bernama Zhiji Auto bekerja sama dengan produsen mobil Cina, SAIC dan Grup Zhangjiang, di Shanghai. Usaha patungan ini akan menampilkan dua model perdana dengan label IM “Intelligence in Motion.” Kedua model listrik itu merupakan jenis sedan dan SUV. Mobil listrik akan menggunakan sel baterai dari CATL. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca juga: Speaker buatan Alibaba Dipakai Mobil Mewah AudiDalam kerja sama ini, Alibaba akan menandatangani tanggung jawab untuk teknologi AI (kecerdasan buatan) dan Big Data. SAIC akan memproduksi mobil listrik.

Sedan listrik Shiji Auto, usaha patungan Alibaba-SAIC. (electrive)Mereka ingin membuka pesanan sedan listrik pada April mendatang ini di Shanghai Auto Show. Pada 2022, SUV listrik akan memasuki pasar, tak lama setelah pengiriman sedan. Perusahaan belum menentukan model baru sepenuhnya. Laporan menunjukkan mobil IM akan menampilkan baterai padat energi dari CATL dan teknologi NVIDIA Drive untuk mengemudi otonom.SAIC, menurut laporan electrive, mengatakan baterai 93 kWh menjadi standar, sementara baterai 115 kWh juga akan tersedia. Baca: Honda Gandeng Alibaba Kembangkan Mobil Pintar

Dengan yang terakhir, SAIC mengklaim jangkauan hingga 874 kilometer dalam sekali pengisian baterai (siklus NEDC). Interior sedan listrik Shiji Auto, mobil listrik patungan antara Alibaba-SAIC. (electrive)Baterai telah dideskripsikan sebagai "teknologi sel baterai suplemen lithium-doped lithium" dan IM Motors mengatakan sel baterai ini memiliki kepadatan energi baterai 30 sampai 40 persen lebih baik dari model yang saat ini digunakan. Menariknya, mobil listrik ini kemungkinan besar akan dibekali dengan teknologi pengisian daya tanpa kabel atau wireless charging.

Ada laporan lebih lanjut dari dua motor listrik untuk penggerak semua roda dengan output gabungan 400 kW. Ini akan memungkinkan sedan berakselerasi dari 0-100 km / jam dalam waktu hanya 3,9 detik.

SUV listrik Shiji Auto, mobil listrik kerja sama antara Alibaba-SAIC. (electrive)Dalam wawancara dengan media lokal, Liu Tao, co-CEO Zhiji Automobile, mengatakan merek IM dibuat untuk menyaingi Tesla. Namun demikian, sedan listrik Alibaba-SAIC ini juga akan berhadapan dengan brand lokal, Nio ET7 yang diluncurkan pada 10 Januari lalu secara online. Rendering sedan kolaborasi Alibaba-SAIC memiliki dimensi panjang 5.000 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.485 mm. Layaknya Nio, IM EV memiliki atap kaca yang besar. Bagian dalamnya menampilkan layar besar dan laporan menunjukkan fitur mobil otonom berteknologi tinggi dari NVIDIA. Ini termasuk tiga lidar dan 15 kamera definisi tinggi. ELECTRIVE | ASIA NIKKEI

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi