Hamilton Jadi Korban Pelecehan Ras Lagi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Oktober 2008 10:30 WIB

TEMPO Interaktif, Sao Paulo: Calon juara Formula Satu 2008, Lewis Hamilton, menjadi sasaran pesan berbau rasis di sebuah laman internet. Pesan tersebut diduga dilansir agar Hamilton gagal di Grand Prix Brasil akhir pekan ini.

Laman http://www.pinchalaruedadehamilton.com (Bakar Ban Hamilton) meminta para pengunjung mereka untuk menempatkan gambar peniti, jarum, dan landak di Sirkuit Interlagos agar Hamilton tidak bisa menyelesaikan balapan akhir pekan ini.

Para pengunjung laman itu juga diundang untuk "meninggalkan pesan untuk Hamilton" dan mayoritas pesan tersebut berbau rasis dan cabul. Dalam laman tersebut tertera tulisan bahasa Spanyol yang berarti "Hamilton tidak bisa menyelesaikan balapan".

Menurut media massa di Brasil, Badan Formula Satu (FIA) mengecam laman tersebut. FIA menegaskan bahwa mereka menentang segala tindakan 'diskriminasi dan prasangka negatif".

FIA sempat mengampanyekan anti-rasisme setelah penggemar F1 di Spanyol mengejek Hamilton dengan cemoohan berbau rasis saat pembalap asal Inggris tersebut melakukan tes di Spanyol. Itu terjadi karena Hamilton sempat berselisih paham dengan rekan setimnya asal Spanyol yang kini membela Renault, Fernando Alonso.

Hamilton saat ini diunggulkan menjuarai Formula Satu dan menjadi juara termuda dengan usia 23 tahun. Hamilton terpaut tujuh poin dari pembalap Ferrari asal Brasil, Felipe Massa. Hamilton hanya butuh mengakhiri balapan di posisi kelima untuk menjuarai Formula Satu 2008.

AP| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi