Start di Posisi Keempat, Lewis Hamilton Optimistis
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 2 November 2008 10:39 WIB
TEMPO Interaktif, Sao Paulo: Pembalap Ferrari Felipe Massa menjaga peluang untuk menjuarai Formula Satu musim ini setelah mendapat posisi start terdepan Grand Prix Brasil di posisi terdepan, Minggu (2/11) waktu setempat. Namun, pembalap McLaren Mercedes Lewis Hamilton masih memiliki peluang lebih besar meski harus berada di posisi keempat.

Saat sesi kualifikasi Sabtu (1/11), Massa menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 12,368 detik dalam satu putaran. Posisi kedua dihuni pembalap Toyota Jarno Trulli dengan catatan 1 menit 12,737. Posisi ketiga ditempati rekan setim Massa, Kimi Raikkonen, yang mengemas 1 menit 12,825 detik. Sementara, Hamilton berada di posisi keempat dengan catatan 1 menit 12,830 detik.

Hamilton sendiri hanya butuh finis di posisi kelima pada Grand Prix Brasil untuk mengamankan gelar juara Formula Satu. Kemenangan Massa di Grand Prix Brasil tidak akan berarti jika Hamilton berada di posisi kelima.

"Itu akan sulit. Tetapi saya merasa nyaman dengan strategi bahan bakar yang kami gunakan," ujar Hamilton. "Kami berada di posisi yang bagus untuk mengakhiri balapan seperti hari ini (Sabtu). Dan itu adalah tujuan kami. Kami tidak perlu melakukan sesuatu yang spektakuler."

Optimisme senada diutarakan Massa. "Saya besar di kawasan ini dan di luar tembok ini," ujar Massa. "Semua orang melihat saya berkembang dan kini mereka semua mendukung saya. Tapi, saya merupakan orang yang bodoh jika hanya memikirkan bagaimana menjuarai gelar. Saya hanya perlu membalap dan berharap."

Para pendukung Hamilton khawatir kejadian pada musim lalu terulang. Saat itu, meski sudah memimpin empat poin dari pembalap Fernando Alonso, Hamilton terpeleset di putaran pertama Grand Prix terakhir sehingga ia mengalami masalah elektrik di mobilnya. Akibatnya, gelar juara yang sudah di depan mata Hamilton hilang begitu saja.

Saat ini, Hamilton sendiri terpaut tujuh poin dari Massa. Hamilton mengantongi 94 poin sementara Massa membukukan 87 poin.

Formula1| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi