Ecclestone Ingin Pertahankan Grand Prix Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 17 November 2008 10:25 WIB

TEMPO Interaktif, London: Bos Formula Satu Bernie Ecclestone yakin Grand Prix Cina akan tetap ada dalam kalender balap Formula Satu satu dekade ke depan. Itu diungkapkan Ecclestone menanggapi pesimisme penyelenggara Grand Prix Cina mengenai masa depan Grand Prix Cina.

Wakil Direktur Administrator Olahraga Shanghai, Qui Weichang, mengungkapkan bahwa penyelenggara mempertimbangkan apakah mereka akan memperpanjang kontrak menggelar Grand Prix Cina yang akan berakhir 2010. Pasalnya, biaya yang tinggi dan hasil penjualan tiket yang menurun membuat Grand Prix Cina terancam merugi.

"Kami ingin membuat situasi yang menguntungkan semua pihak, bagi kami maupun Ecclestone dan penyelenggara F1," ujar Qui Weichang seperti dikutip AFP pada Jumat.

Ecclestone pun angkat suara menanggapi pernyataan Weichang. Menurut Ecclestone, ia akan berbicara dengan pejabat di Shanghai untuk meyakinkan mereka mengenai perpanjangan kontrak.

"Kami memiliki kontrak sampai 2010 dengan opsi tambahan lima tahun setelah itu," ujar Ecclestone seperti dikutip Financial Times. "Kami akan berbicara dengan mereka mengenai itu dan melihat apa yang kami bisa bantu."

Financial Times juga mengabarkan bahwa Manajemen Formula Satu telah mengirim perpanjangan kontrak ke Shanghai menyusul permintaan dari wakil walikota Shanghai.

Formula Satu pertama kali menggelar Grand Prix Cina pada 2004. Saat itu, penyelenggaraan dinilai sebagai sesuatu yang sangat menguntungkan bagi Formula Satu dan Cina. Penyelenggaraan itu sendiri digelar di Sirkuit Internasional Shanghai yang baru.  

Asia dan Timur Tengah menjadi pasar yang penting bagi pengembangan Formula Satu. Abu Dhabi rencananya akan masuk kalender Formula Satu pada 2009 disusul Korea Selatan pada 2010 dan India pada 2011.

ITV| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi