Mobil Dinas Sri Paus: Antipeluru, Ramah Lingkungan, hingga Mobil Sport
Reporter: Non Koresponden
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 24 Mei 2021 15:56 WIB
Paus Fransiskus membubuhkan tanda tangan di kap mobil sport Lamborghini Huracan yang dihadiahkan padanya, di Alun-alun Santo Petrus, Vatikan, 15 November 2017. L'Osservatore Romano/Pool Photo via AP

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil dinas Paus hadir dengan kelengkapan fitur keamanan yang tinggi, fungisonal, dan desain yang mewah.

Kendaraan operasional Pemimpin Umat Katolik Roma pun mengalami berbagai perubahan dari masa ke masa.

Paus Fransiskus I dikabarakan bakal menggunakan mobil dinas baru yang bertenaga listrik, yakni SUV Fisker Ocean, pada tahun depan.

Berikut ini sejumlah mobil resmi Sri Paus:

1. SUV Mercedes-benz  G500 dan ML430 Pada 2007, kendaraan Paus Benediktus XVI menggunakan mobil SUV Mercedes G500 dan ML430.

Mobil tersebut dilengkapi windscreen yang bisa dilipat dengan cat tradisional putih khas Popemobile.

2. Mercedes Seri G-ClassDalam situasi yang kurang aman, Paus Benediktus XVI menggunakan Mercedes seri G-Class yang telah dimodifikasi dengan kubah plexiglass antipeluru setebal 8 mm.

3. SUV Dacia DusterPada 2019, Paus Fransiskus I menunggangi SUV Dacia Duster atau Renault Duster dari pabrik di  Rumania.

Mobil Dacia Duster ini hadiah dari Managing Director of Groupe Renault Romania sekaligus CEO Automobile Dacia SA Christophe Dridi dan General Manager of Renault Italia Xavier Martinet.

SUV kompak Dacia Duster memilki bangku 2 baris 5-seater dengan panjang 4.341 mm, lebar 1.804 mm, dan tinggi 1.693 mm. Jarak antar sumbu roda 2.674 mm.

Pada kabin terpasang 2 instrumen panel analog yang mengapit MID digital. Terdapat pula head-unit display touchscreen yang disebut Dacia sebagai Media Nav Evolution.

Dacia Duster ditawarkan dalam berbagai jenis mesin bensin, yakni 1.000 cc, 1.300 cc, dan 1.500 cc. Disiapkan juga varian diesel 1.500 cc. Keduanya ditawarkan dalam penggerak 4x2 dan 4x4.

4. Lamborghini HuracanPaus Fransiskus mendapatkan kiriman mobil sport Lamborghini edisi khusus Huracan berwarna putih pada 15 November 2017.

Sekitar setahun kemudian, 24 Desember 2018, mobil keren itu diperebutkan dalam undian yang diselenggarakan oleh Omaze, sebuah situs web penggalangan dana online.

Hasil dari undian akan masuk ke proyek amal Vatikan, untuk membantu membangun kembali desa-desa yang dihancurkan oleh ISIS. Dana juga akan digunakan untuk membantu para korban perdagangan manusia di Afrika Tengah.

Orang yang tertarik bisa mendapatkan 100 peluang untuk memenangi Lamborghini bertandatangan Paus Fransiskus hanya dengan 10 dolar AS atau Rp 145.600.

5. Toyota MiraiToyota menyerahkan mobil Toyota Mirai bertenaga hidrogen kepada Paus Fransiskus pada awal 12 Oktober 2020.

Mobil yang dibuat khusus untuk Paus Fransiskus itu sebenarnya adalah salah satu dari dua mobil model Mirai Pop. Tunggangan berwarna putih tersebut dibuat oleh Toyota ketika Paus mengunjungi Konferensi Wali Gereja Jepang pada 2019.

“Paus Fransiskus memiliki minat yang dalam pada masalah lingkungan global,” kata Toyota seperti dikutip Top Gear pada Senin, 12 Oktober 2020.

6. SUV Fisker OceanDikutip dari Reuters pada Senin 24 Mei 2021, Fisker Inc. akan menyiapkan sebuah mobil listrik jenis SUV (Sport Utility Vehicle) Ocean yang didesain khusus untuk Paus Fransiskus.

Start-up perusahaan teknologi berbasis di Los Angeles, AS, itu menyebut bahwa bagian belakang mobil akan dipasangi kubah kaca yang bisa dibuka untuk memudahkan kegiatan paus.

Fisker pun menyebut mobil listrik untuk Paus Fransiskus akan dilengkapi panel surya di bagian atap. Sebagi mobil yang ramah lingkungan, perusahaan juga menyediakan alas karpet dari sampah botol plastik yang didaur ulang.

Produksi mobil Paus ini akan dimulai pada November 2022 dengan bekerjasama dengan pabrikan Magna International Inc. di Eropa.

BacaLihat Fasilitas Mobil Listrik Fisker Ocean untuk Paus Fransiskus

HIDAYAT SALAM | TEMPO | BERBAGAI SUMBER

#Paus
#Paus Fransiskus
#mobil dinas
#Mobil
#Mobil Sport
#Antipeluru
#SUV
#Mobil Listrik
#Mobil Hidrogen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi