Ford Akan Menjual 20 Persen Saham di Mazda
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 November 2008 15:32 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo: Produsen mobil Amerika, Ford Motor Co, akan menjual 20 persen sahamnya di perusahaan Jepang Mazda Motor Corp untuk meningkatkan dana kasnya.

Saham itu diharapkan untuk dibeli oleh kelompok trading house dan perusahaan asuransi, serta pemasok suku cadang mobil Denso Corp, sebagaimana dilaporkan harian bisnis The Nikkei yang melaporkan tanpa menyebut sumber pada hari Selasa.

Harian itu mengatakan Mazda, produsen mobil Jepang terbesar kelima, kemungkinan membeli sebagian saham yang dijual oleh Ford, yang saat ini merupakan pemegang saham terbesar di produsen mobil Jepang itu dengan saham 33,4 persen.

20 persen saham senilai sekitar 50 miliar yen (US$ 515 juta) berdasarkan harga saham hari Selasa, kata surat kabar itu.

Juru bicara Mazda Toyota Tanaka mengatakan dia tidak dapat mengkonfirmasi laporan itu.

Ford berinvestasi di Mazda untuk pertama kalinya pada tahun 1979 dan meningkatkan sahamnya menjadi 33,4 persen pada tahun 1996 ketika bisnis Mazda menurun.

Kedua perusahaan itu kemudian meraih laba dari pengembangan bersama mobil kompak sehingga Mazda memulihkan kesehatan finansialnya.

Tetapi kemudian, justru Ford yang kehilangan US$ 129 juta di kuartal ketiga tahun ini, dan sedang mengurangi 10 persen pekerjaannya.

Produsen mobil Amerika Serikat sat ini sedang berupaya mencari bantuan dari pemerintah untuk mengatasi masalah keuangan mereka.

AFP/Erwin

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi