Bos Formula Satu Ingin Pembalap Mendapat Medali Bukan Poin
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 November 2008 08:40 WIB

TEMPO Interaktif, London: Bos Formula Satu Bernie Ecclestone mengajukan proposal agar para pembalap yang menang mendapatkan medali emas, bukan poin dalam klasemen. Ecclestone menilai medali emas, perak, dan perunggu akan semakin membakar semangat para pembalap untuk menang.

"Inti dari ini semua adalah, ketika mereka berlaga di Melbourne untuk balapan pertama, para pembalap ingin menyabet medali emas," ujar Ecclestone. "Mereka tidak mau mendapatkan 10 poin, delapan atau enam poin."

Menurut sistem yang berlaku saat ini, pemenang di satu grand prix berhak mendapat 10 poin di klasemen pembalap. Sementara, posisi kedua meraih delapan poin dan posisi ketiga mengantongi enam poin. Para pembalap yang masuk 10 besar dalam tiap grand prix berhak mendapatkan poin.

Pembalap McLaren Mercedes Lewis Hamilton menjuarai Formula Satu musim 2008 di hari terakhir ketika ia hanya menyelesaikan balapan di posisi kelima di Grand Prix Brasil. Hasil tersebut sudah cukup membuat Hamilton terpaut satu poin dari pesaing terdekatnya, Felipe Massa dari Ferrari.

Dengan sistem yang diusulkan Ecclestone, Massa bisa menjadi juara Formula Satu karena ia memenangkan lebih banyak grand prix ketimbang Hamilton. Massa menang di enam grand prix, sementara Hamilton menang di lima grand prix.

"(Sistem baru) itu dibutuhkan jika melihat Grand Prix Brasil di akhir musim ketika Hamilton hanya perlu menyelesaikan balapan di posisi kelima untuk menjuarai gelar," ujar Ecclestone. 

AP| Kodrat Setiawan

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi