Bisa Digunakan Saat Kondisi Bocor, Ini Kelebihan Run-Flat Tire
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 16 Juni 2021 19:41 WIB
Hankook Ventus S1 noble2. (Hankook)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Run-Flat Tire menjadi salah solusi untuk mengatasi kecelakaan yang disebabkan ban bocor atau pecah. Pasalnya ban jenis masih bisa digunakan meskipun dalam kondisi bocor dan rusak.

Ban run-flat merupakan jenis ban yang didesain untuk dapat digunakan dalam kondisi rusak sampai periode tertentu, seperti kebocoran akibat penggunaan dengan kecepatan tinggi atau terkena benda tajam.

National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono mengatakan bahwa ban run-flat buatan Hankook dilengkapi dengan fitur SMH (Shock absorption, Maintenance continuity, Heat resistance) dan mengadopsi teknologi Hankook Run-flat System (HRS).

"Fitur SMH ini mampu meredam benturan dengan baik, perawatan berkelanjutan, dan tangguh menghadapi panas. Dinding samping ban juga diperkuat sehingga ban tetap mampu menahan beban bahkan saat kehilangan udara total,” kata Apriyanto dalam keterangan resmi yang diterima Tempo, Rabu, 16 Juni 2021.

Tipe ban ini juga memiliki sejumlah kelebihan saat digunakan, misalnya kemampuan self-healing yang memungkinkan ban mencegah kendaraan membelok di luar kendali saat terkena goresan maupun abrasi.

Berikut adalah kelebihan menggunakan ban jenis run-flat.

1. Lebih stabil dalam kondisi ban bocor

Salah satu alasan utama menggunakan ban run-flat daripada ban konvensional adalah kemampuannya untuk tetap stabil walaupun dalam kondisi ban bocor.

2. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara

Ban run-flat telah lulus uji coba internal dan memungkinkan pengendara merasa aman dan nyaman dalam berkendara.

3. Tidak perlu mengganti ban di cuaca atau situasi ekstrem

Karena ban run-flat ini tetap melaju dengan stabil walau dalam kondisi bocor, Anda tidak perlu berhenti untuk mengganti ban Anda di cuaca yang sangat panas atau saat hujan deras.

Dalam kondisi bocor, ban ini masih bisa diajak berkendara dengan jarak tempuh hingga 80 kilometer dan kecepatan maksimal 80 kpj.

4. Menambah ruang pada mobil

Dengan menggunakan run-flat tire, Anda tidak perlu membawa ban cadangan maupun perkakas untuk mengganti ban. Sehingga, ruang pada mobil Anda akan lebih luas dan bobot kendaraan Anda akan lebih ringan.

Secara teoritis, dengan bobot yang berkurang maka bahan bakar akan lebih irit 1 hingga 3 persen per tahun.

Baca juga: Hankook Beri Tips Memelihara Ban Mobil, Terutama Bus dan Truk

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi