Sirkuit Jalur Pengujian Otomotif Kelas Dunia di India, Panjang 11,3 Km
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Jobpie Sugiharto
Senin, 5 Juli 2021 13:34 WIB
Seorang jurnalis menaiki sepeda motor sport terbaru TVS Apache RTR 200 4V seusai peluncurannya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, 20 Januari 2016. TVS Motor Company Indonesia secara bersamaan dengan TVS India secara resmi merilis All New TVS Apache RTR200 4V. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - India memiliki sirkuit jalur pengujian kendaraan terpanjang kelima di dunia. Lintasan di yang terletak di Kota Indore, India Barat-Tengah, tersebut dikembangkan oleh National Automotive Test Tracks (Natrax).

Sirkuit pengujian mobil dan motor di India ini bahkan bisa untuk menyelenggarakan peluncuran produk, acara dealer, serta acara motorsport. Kehadiran lintasan ini juga diharapkan dapat mengurangi biaya pengujian untuk produsen kendaraan.

Melansir laman Hindustan Times hari ini, Senin, 5 Juli 2021, lintasan terpanjang ini dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektare lebih. Jalur pengujian ini memiliki panjang 11,3 kilometer dan lebat 1 meter serta tersedia dalam empat lajur berbentuk oval.

Trek pengujian ini dirancang untuk kecepatan netral 250 km/jam dan mampu menangani kecepatan maksimum hingga 375 km/jam

Lintasan di India juga diklaim sangat aman dalam melakukan manuver.

Lintasan ini juga memungkinkan untuk melakukan berbagai manuver moibl seperti pengereman, tes kecepatan tinggi, akumulasi jarak tempuh, penanganan kecepatan tinggi, akselerasi, hingga evaluasi konsumsi bahan bakar.

Sirkuit pengujian otomotif berkecepatan tinggi ini diharapkan dapat membantu industri mobil dan motor India untuk mengembangkan kendaraan dengan efisiensi lebih, serta membantu para pemangku kepentingan industri otomotif.

BacaMeski Batal Gelar MotoGP, Capirossi Tetap Ingin Jajal Sirkuit 

#Sirkuit
#pengujian massal
#Otomotif
#India
#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi