Honda Bikin Sepatu Navigasi untuk Tunanetra Pejalan Kaki, Begini Cara Kerjaan
Reporter: Antara
Editor: Jobpie Sugiharto
Minggu, 1 Agustus 2021 14:30 WIB
Honda Motor Co Ltd lewat perusahaan Ashirase Inc, memproduksi sepatu navigasi untuk pejalan kaki. Perusahaan baru itu dibentuk dari program penciptaan bisnis baru Honda, IGNITION. FOTO: Antara/Honda,

GOOTO.COM, JakartaHonda Motor Co Ltd. kini memproduksi sepatu navigasi untuk pejalan kaki tunanetra lewat perusahaan baru, Ashirase Inc.

Ashirase dibentuk sebagai pelaksanaan IGNITION, program penciptaan bisnis baru Honda. 

Ashirase Inc. membuat sistem navigasi yang disematkan di dalam sepatu untuk mendukung tunanetra mencapai tujuan perjalanannya.

Sistem bernama Ashirase itu akan mulai dipasarkan akhir tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2023.

Di Jepang, jumlah orang tunanetra atau memiliki gangguan penglihatan, termasuk low vision, diperkirakan 1,64 juta pada 2007. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat menjadi hampir 2 juta pada 2030.

Dalam pernyataan resmi yang dikutip hari ini, Minggu, 1 Agustus 2021, Honda menerangkan bahwa sistem navigasi ini terdiri dari aplikasi smartphone dan perangkat getaran tiga dimensi. Perangkat getaran itu termasuk sensor gerak yang dipasang di dalam sepatu.

Berdasarkan rute perjalanan yang disetel dengan aplikasi, perangkat bergetar untuk menyediakan navigasi bagi pejalan kaki tunanetra.

Cara kerjanya, Honda melanjutkan, ketika pengguna sepatu Honda berjalan lurus, vibrator yang berada di bagian depan sepatu akan bergetar. Ketika pengguna mendekati belokan kanan atau kiri, vibrator di sisi kanan atau kiri bergetar untuk memberi tahu pengguna.

Navigasi Honda Ashirase tersebut diklaim memungkinkan pemahaman intuitif tentang rute. Maka pengguna tidak harus selalu memperhatikan arah tapi berjalan lebih aman dengan kondisi pikiran yang lebih santai.

Navigasi Honda Ashirase disediakan melalui getaran pada sepatu atau kaki. Ini membuat kaum tunanetra tak terganggu pendengarannya atau tangannya yang memegang tongkat. Vibrator terletak sejajar dengan lapisan saraf kaki sehingga mudah merasakan getaran.

BacaTren Pasar Otomotif Positif, Honda: Kontribusi Penjualan Online Besar

#Honda
#Sepatu
#Pejalan Kaki
#tunanetra
#tongkat tunanetra
#Navigasi
#Navigasi Gestur

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi