Chrysler Minta US$ 7 Miliar ke Kongres
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 3 Desember 2008 08:22 WIB

TEMPO Interaktif, Washington: Chrysler hari Selasa mengadu kepada para legislator bahwa perusahaan itu butuh US$ 7 miliar hingga akhir tahun untuk dapat bertahan dari badai krisis kredit global, jatuhnya permintaan kendaraan besar, dan kemerosotan ekonomi global.

Chrysler, perusahaan terkecil dari produsen mobil Tiga Besar Detroit, mengatakan mereka memiliki sekitar US$ 2,5 miliar tunai hingga 31 Desember setelah penurunan signifikan sektor otomotif di semester kedua tahun ini.

Dua minggu lalu, produsen mobil itu mengatakan pihaknya memperkirakan membutuhkan antara US$ 5 miliar dan US$ 7 miliar dana tunai pada 2009.

"Tanpa bantuan modal kerja segera, likuiditas Chrysler dapat jatuh di bawah tingkat yang diperlukan untuk mempertahankan perusahaan melalui kuartal pertama tahun 2009," kata perusahaan.

Perusahaan, yang dimiliki oleh perusahaan ekuitas swasta Cerberus Capital Management, General Motors dan Ford, itu mempresentasikan rencana reorganisasi mereka ke Kongress hari Selasa dengan harapan dapat membuktikan kelangsungan hidup jangka panjang mereka jika mendapat talangan federal.

Sementara GM mengajukan ke Kongres US$ 18 miliar dan Ford meminta US$ 9 miliar pinjaman untuk penyelamatan.

Chrysler memperkirakan akan memperoleh keuntungan operasi US$ 400 juta di tahun 2009, yang secara substansial meningkat pada tahun 2010 ke US$ 2,6 miliar.

AFP | ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi