Alonso Mengancam Tinggalkan Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 3 Desember 2008 08:41 WIB

TEMPO Interaktif, London: Pembalap Renault Fernando Alonso mengancam akan keluar dari Formula Satu jika olahraga jet darat tersebut menerapkan mesin standar. 

Badan penyelenggara Formula Satu, Federation International de l'Automobile (FIA), pada Oktober lalu menyatakan rencana mereka memperkenalkan mesin yang seragam bagi semua tim mulai 2010 untuk mengurangi pengeluaran.

FIA pun kabarnya telah melakukan penawaran tender bagi pihak-pihak yang ingin menyediakan mesin-mesin tersebut, meski rencana tersebut hanya merupakan satu dari tiga pilihan yang dipertimbangkan FIA untuk mengurangi pengeluaran mereka.

"Jika mereka menyetujui rencana itu, itu akan menjadi langkah terakhir yang mengecewakan," ujar Alonso. "Itu akan membuat saya untuk memikirkan mengenai pensiun."

Sebelumnya, Ferrari dan Toyota mempertimbangkan untuk mundur dari Formula Satu jika mesin standar diterapkan. Alonso, yang menjadi juara Formula Satu pada 2005 dan 2006 bersama Renault, menilai Formula Satu mengalami kemunduran dengan beberapa perubahan peraturan.

"Pada 2005, kami memiliki mesin V10 dengan kekuatan 1.000 tenaga kuda," ujar Alonso. "Itu yang membuat para pembalap senang, membalap dengan batasan tertinggi."

"Kami telah berubah dari sesuatu yang futuristik ke mobil-mobil tanpa perangkat elektronik yang seperti mobil masa lalu," lanjut pembalap asal Spanyol tersebut.Kendati demikian, Alonso tetap yakin dirinya bisa merebut kembali gelar juara Formula Satu bersama Renault pada 2009.

"Saya tidak boleh memulai balapan tanpa berpikir untuk menjadi juara," tambah Alonso. "Target saya dan tim adalah gelar juara."

SKY SPORTS| KODRAT SETIAWAN

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi