Brad Binder Juara MotoGP Austria Tanpa Rem di Tiga Lap Terakhir
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 16 Agustus 2021 10:49 WIB
Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing mengangkat trofinya di atas podium MotoGP Austria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Ahad, 15 Agustus 2021. Pembalap dari Afrika Selatan ini memberikan kemenangan sensasional di kandang tim KTM. REUTERS/Borut Zivulovic
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBrad Binder membawa KTM berjaya di sirkuit kandangnya setelah keberanian dan kenekatan sang pebalap Afrika Selatan itu berbuah kemenangan di MotoGP Austria, Minggu, 15 Agustus 2021.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap yang menjalani tahun keduanya di MotoGP itu nekat bertahan dengan ban slick (ban untuk balapan di trek kering) di tiga lap terakhir saat hujan deras turun di Sirkuit Red Bull Ring. Ia terus memacu sepeda motornya dengan kencang saat lima pembalap terdepan masuk pit untuk berganti motor dengan ban basah.

Binder dari posisi 6 langsung memimpin jalannya lomba dan melibas tiga putaran terakhir tanpa grip dan pengereman yang optimal karena trek licin. Ia nyaris tergelincir di tikungan terakhir menjelang garis finish, namun masih bisa menguasai sepeda motornya. 

Pertaruhan Binder akhirnya berbuah suka cita saat menjadi yang pertama melintasi finis, hampir 13 detik di depan rival terdekatnya.

"Terkadang hidup membantu siapa yang berani dan hari ini (keberanian) membuahkan hasil," kata pembalap berusia 26 tahun itu seperti dikutip Reuters.

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia, yang memimpin di hampir sepanjang lomba sebelum berganti motor, mengklaim runner-up. Binder mendapat penalti tiga detik karena melanggar limit trek namun margin dua pembalap terdepan cukup lebar sehingga hal itu tak mengubah hasil balapan.

Rookie Spanyol dan pole sitter Jorge Martin, yang membawa Pramac Ducati menang di trek yang sama pekan lalu, finis ketiga di depan sekira 86.000 penonton yang memadati trek Austria hari itu.

Pembalap tim Yamaha Fabio Quartararo finis ketujuh namun tetap memegang pucuk klasemen pebalap sementara yang sekarang dibayangi oleh Bagnaia dan juara dunia bertahan Joan Mir di peringkat dua dan tiga dengan raihan poin sama atau terpaut 47 poin dari puncak.

Johann Zarco terlempar ke peringkat empat klasemen setelah terjatuh dan gagal menyelesaikan lomba.

Kemenangan Binder hari itu menjadi yang kedua baginya dalam karier sang pembalap di kelas premier setelah kesuksesan di Brno, Republik Ceko satu tahun lalu ketika ia masih rookie.

"Ini sangat menyeramkan," kata Binder. "Terutama dua lap terakhir.

"Saya masih bisa mendorong cukup keras untuk lap pertama namun segera setelah ban belakang dan depan dingin ini seperti berkendara di atas es.

"Beberapa tikungan kemudian rem karbon saya dingin jadi saya juga tak bisa mengerem. Saya rasa ada seseorang yang menahan saya hari ini karena beberapa kali saya mengira ini sudah berakhir."

Binder mengaku dia hampir masuk dari sisi dalam untuk menyalip para pembalap terdepan di dua lap terakhir ketika ia merasakan mereka akan masuk ke pit.

Segera setelah dia melihat rival-rivalnya berbelok ke jalur pit, Binder segera memutuskan untuk tetap bertahan di trek dan melanjutkan lomba dengan ban kering.

"Saya tahu tiga atau empat lap tersisa dan saya mengatakan 'OK jika saya bisa tetap di depan maka satu-satunya pembalap yang bisa mengalahkan saya adalah mereka yang juga memilih tetap di luar.

Bagnaia menyalip enam pembalap di lap terakhirnya namun kehabisan waktu untuk mengejar Binder. Pebalap Italia itu mengaku terkesan dengan keberanian rivalnya itu.

"Tentunya Brad melakukan sesuatu yang luar biasa hari ini karena tetap berada di trek dengan ban slick di kondisi ini sangatlah sulit," kata Bagnaia.MotoGP Austria memang menghadirkan tontonan menarik sepanjang balapan. Rider Ducati cukup mendominasi di awal-awal lomba. Di pertengahan lomba, Fabio Quartararo (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda) yang mengimbangi Bagnaia dan Martin. Hujan deras di sisa tiga lap terakhir mengumbah peta persaingan dan membawa Binder meraih podium utama. 

Baca juga: MotoGP Austria: Brad Binder Juara, Valentino Rossi Ke-8

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi