Moody's Turunkan Peringkat Utang GM dan Chrysler  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Desember 2008 11:11 WIB

TEMPO Interaktif, Washington: Badan pemeringkat utang Moody's hari Rabu mengatakan telah menurunkan peringkat utang produsen mobil AS Chrysler dan General Motors saat keduanya berupaya mencari talangan miliaran dolar ke Kongres.

Pemeringkat itu mempertahankan peringkat utang Ford, namun peringkat untuk Chrysler dan GM telah diturunkan ke CA dari CAA2.

"Ramalan peringkatnya negatif," kata Moody's dalam pernyataan tentang kedua perusahaan, dengan mengutip jatuhnya permintaan mobil AS dan pergeseran preferensi konsumen ke kendaraan lebih kecil.

"Hasil dari tantangan ini kemungkinan Chrysler akan menghadapi kesulitan dana tunai untuk membiayai operasinya hingga kuartal pertama 2009 dengan ketiadaan pinjaman pemerintah," ujarnya.

Untuk GM, pemeringkat itu mengatakan peringkatnya diturunkan sebagai pengakuan meningkatnya kemungkinan restrukturisasi neraca mengakibatkan kerugian bagi pemberi utang saat ini.

Sekitar US$ 43 miliar utang GM dipengaruhi penurunan peringkat utang GM.

Para bos produsen mobil Tiga Besar Detroit itu akan hadir di depan Kongres Kamis dan Jumat untuk membahas rencana restrukturisasi perusahaan mereka, termasuk pengurangan ribuan pekerjaan dan penjualan merek-merek yang tidak menghasilkan

AFP |ERWIN 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi