Tujuh Finalis Indonesia Motorcycle of The Year 2008
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Desember 2008 21:03 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sebanyak tujuh sepeda motor bersaing memperebutkan Indonesia Motorcycle of The Year 2008 (IMOTY). Ketujuh finalis ini merupakan hasil pemilihan 40 juri voters yang seluruhnya merupakan wartawan Indonesia yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT).

Sepeda motor yang bersaing adalah Bajaj Pulsar 200 DTS-i, Honda Beat, Honda Supra X125 PGM-FI, Honda Vario, Kawasaki Ninja 250 R, Suzuki Satria F150, dan Yamaha V-IXION (disusun berdasarkan abjad). Sepeda motor terbaik ini dipilih dari seluruh model dan merek kendaraan roda dua yang sedang dijual di Tanah Air.

Ketujuh finalis sepeda motor terbaik ini selanjutnya akan dinilai 17 juri inti yang juga terdiri dari wartawan Indonesia untuk memperebutkan satu gelar bergengsi, IMOTY  2008.

Seluruh 17 juri inti IMOTY 2008 ini akan melakukan metode penilaian melalui proses poling. Dalam metode ini setiap juri memiliki nilai 25 poin, di mana 10 poin wajib diberikan bagi satu sepeda motor dan 15 poin sisa secara variable bebas diberikan untuk empat sepeda motor lain.

“Cara penilaian Indonesia Motorcycle of The Year 2008 kami adopsi dari metode pemilihan serupa yang berlaku di Eropa dan Jepang. Metode penilaian seperti ini baru diaplikasi pertama kali di Indonesia. Metode melalui poling ini lebih terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Eri Haryoko, Ketua Umum FORWOT.

Ini memang sedikit berbeda dengan penilain yang dilakukan FORWOT pada 2006, di mana penilaian menyertakan poin-poin unsur teknis sebuah sepeda motor. Karena itu, penilaian yang dilakukan oleh para juri voters FORWOT kali ini lebih mewakili selera dan kebutuhan konsumen Tanah Air.

“Jadi setiap juri sudah mempunyai bayangan seperti apa itu motor terbaik, minimal bagi dirinya sendiri,” tambah Nugroho Adhi, Ketua Presidium Dewan Juri IMOTY 2008 FORWOT. Dari ketujuh finalis motor terbaik itu dapat terlihat bagaimana konsumen Indonesia memilih motor idamannya.

Rencananya, pemenang IMOTY 2008 akan diumumkan di tengah pameran Jakarta Motorcycle Show 2008 yang akan berlangsung pada 6-14 Desember, di Jakarta Convention Center.

Raju Febrian 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi