MotoGP Aragon: Francesco Bagnaia Juara, Marc Marquez Kedua
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 13 September 2021 09:11 WIB
Francesco Bagnaia bersaing dengan Marc Marques di balapan MotoGP Aragon di MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Ahad, 12 September 2021. Francesco berhasil menenangkan juara perdananya lewat duel sengit dengan Marquez. REUTERS/Pablo Morano
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFrancesco Bagnaia (Ducati) berhasil memenangi duel sengit melawan Marc Marquez (Honda) di balap MotoGP Aragon di MotorLand, Spanyol, Minggu, 12 September 2021. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rider Italia itu terlibat pertarungan menegangkan hingga menjelang finis. keduanya juga silih berganti melakukan overtake dan nyaris bersenggolan. Bagnaia yang mendominasi di depan mampu bertahan dari serangan Marquez yang dikenal sebagai 'raja' Aragon. 

Bagnaia mendapat serangan bertubi-tubi dari Marquez di tiga lap terakhir sebelum melintasi garis finis 0,673 detik di depan sang pembalap Repsol Honda. Juara dunia bertahan Joan Mir (Suzuki) melengkapi podium untuk Suzuki 3,9 detik berselang, demikian laman resmi MotoGP.

Dari P4, Marquez merangsek dua posisi untuk menebar ancaman ke Bagnaia yang memimpin lomba sejak start dari pole position.

Sejak awal akhir pekan, Marquez diprediksi tampil kuat di Aragon layaknya ketika dia merebut kemenangan pertama musim ini di Sachsenring, karena sirkuit yang berlawanan arah jarum jam tidak memberi tekanan berat kepada lengan sang pembalap yang masih cedera.

Bagnaia dan Marquez, kedua pembalap terdepan itu memiliki pertarungan mereka sendiri di saat saingan terdekat mereka, juara dunia bertahan Joan Mir tertinggal 3,5 detik di belakang di paruh kedua lomba.

Pada enam lap terakhir, Bagnaia semakin mendapat tekanan dari sang juara dunia enam kali yang ingin mencoba mencuri kemenangan.

Tiga lap tersisa menjelang finis Marquez sempat beberapa kali mengambil alih pimpinan lomba sebelum Bagnaia merestorasi posisinya.

Pada upaya ketujuhnya mencoba menyalip, Marquez justru melebar dari tikungan sehingga membuat Bagnaia bisa sedikit bernafas menuju garis finis demi kemenangan perdananya di kelas premier.

Pebalap Aprilia Aleix Espargaro naik dua posisi untuk finis P4, di depan Jack Miller dari tim Ducati dan Enea Bastianini yang meraih hasil terbaiknya musim ini untuk tim Avintia Ducati di P6.

Sementara pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo start dengan buruk dari P3 dan di lomba sepanjang 23 putaran itu El Diablo tak memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk finis lebih baik dari P8.

Dengan hasil itu, Bagnaia naik ke peringkat dua klasemen dengan jarak 52 poin dari Quartararo yang masih kokoh di puncak. Sedangkan Mir tergeser ke peringkat tiga dengan selisih empat poin dari sang pembalap Italia.

Setelah berpisah dengan Yamaha di tengah musim, Maverick Vinales menjalani debut sebagai pembalap Aprilia yang mengontraknya hingga 2022. Pebalap Spanyol itu start dari P19 dan finis satu posisi lebih baik.

Cal Crutchlow kembali menjalani tugas dari Yamaha untuk menempati bangku yang ditinggalkan Vinales, sedangkan Jake Dixon ditugasi ke tim Petronas Yamaha, menggantikan Franco Morbidelli yang masih cedera, namun gagal menyelesaikan balapan MotoGP Aragon.

Baca juga: Kualifikasi MotoGP Aragon: Francesco Bagnaia Pole

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi