Sirkuit Mandalika: Legenda MotoGP Tak Bisa Bedakan Balapan dengan Liburan
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 28 September 2021 16:10 WIB
Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis, 10 Oktober 2019. ANTARA/Ahmad Subaidi

GOOTO.COM, Jakarta - Legenda MotoGP Mick Doohan mengaku tidak bisa membedakan antara balapan dengan liburan saat Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender balap musim depan. Hal itu tak terlepas dari pemandangan indah yang ada di sekitar lintasan.

“Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap, mana liburan. Karena konsep Sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan. Jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika bisa menikmati suasana konsep lintasan yang menempel dengan pantai,” katanya, dalam acara Pre-Launching Mandalika Grand Prix Association, Kamis, 23 September 2021.

Lebih lanjut, pembalap yang berprestasi di MotoGP era 1994-1998 tersebut juga menilai bahwa Sirkuit Mandalika sangat menantang. Pasalnya, lintasan ini memiliki desain dan layout yang berbeda dari sirkuit lainnya.

Sekedar informasi tambahan, Sirkuit Mandalika diketahui memiliki 17 tikungan. Sedangkan beberapa lintasan lain di dunia hanya mempunyai 14 hingga 15 tikungan saja.

“Setelah melihat simulasi lintasan dan layout-nya, ini sangat hebat. Ini adalah lintasan cepat, yang artinya balapan akan hebat dan menarik bagi para pembalap,” lanjut mantan pembalap asal Australia tersebut.

Secara teknis, lanjut dia, karakteristik Sirkuit Mandalika memicu perubahan yang sangat cepat dari setiap titiknya. Situasi ini membuat Doohan memprediksi adanya persaingan sengit antara pembalap di lintasan tersebut.

“Perubahan terjadi secara cepat dari satu titik ke titik lainnya. Artinya, akan berlangsung balapan yang sangat ketat. Pemenangnya akan ditentukan pada lap terakhir. Sangat menarik,” tutup Mick Doohan.

Baca: Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Penentu Juara WorldSBK 2021 Toprak Vs Jonathan Rea

ANTARA

#Sirkuit Mandalika
#MotoGP
#Liburan
#Mick Doohan
#Legenda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi