Toyota/Daihatsu Luncurkan Produk Kembar Baru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 18 Desember 2008 15:42 WIB
Sette/Ruminous

TEMPO Interaktif, Jakarta: Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan produk kembar kembali pada akhir bulan ini di Jepang dengan nama Passo Sette/Boon Ruminous. Tapi Toyota-Astra Motor belum berencana memasarkan di Indonesia.

Toyota akan memberi cap Passo Sette sedang Daihatsu membanderol sebagai Boon Ruminous untuk mobil yang nyaman mengangkut tujuh penumpang seperti Avanza atau Kijang Innova ini.

Belum ada pernyatan resmi bahwa mobil kembar ini akan diluncurkan. Tapi sejumlah situs Internet menyatakan para wartawan Jepang sudah menerima undangan peluncuran.

Selain itu, sebuah situs penjualan mobil khusus ekspor dari Jepang, batfa.com, sudah memasukkan Toyota Passo Sette ini dalam katalog, lengkap dengan harga US$17,8 ribu (Rp 193,5 juta) untuk penggerak dua roda dan US$19,8 ribu (Rp 215 juta untuk penggerak empat roda).

Toyota dan Daihatsu memang sukses menjual produk kembar untuk mobil-mobil kecil. Di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, misalnya sangat sukses. Produk kembar berikutnya yang beredar di Indonesia adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Tapi untuk produk Passo Sette, Toyota belum berencana menjual di Indonesia. Deputi Kepala Divisi Rencana Pemasaran Toyota-Astra Motor, Widyawati, pada Kamis (18/12) mengatakan dengan pendek: "Toyota sampai saat ini tidak berencana menjual Toyota Passo di Indonesia."

Jika Toyota belum menjual, kecil kemungkinan produk kembarnya, Daihatsu Boon Ruminous, lebih dahulu dilepas di Indonesia karena Rush/Terios dan Avanza/Xenia masuk pasar bersamaan.

Sette/Ruminous ini--menurut spesifikasi yang ditulis autoincar.com--memiliki mesin 3SZ-VE. Mesin ini yang dipasang di Terios/Rush dan Toyota Avanza versi 1.500 cc.

Yang paling membedakan Sette/Ruminous dengan Avanza/Xenia adalah aroma minibus yang makin kecil. Tingginya, misalnya. Sette/Ruminous lebih pendek tujuh sentimeter dibanding Avanza Xenia sehingga tampak makin langsing dan "tidak terlalu" minibus.

Meski begitu, Sette/Ruminous masih 2,5 sentimeter lebih tinggi dari Nissan Grand Livina yang juga cukup digemari di Indonesia.

Efek tidak terlalu minibus ini ditambah panjang mobil yang 11 sentimeter lebihnya dibanding Avanza /Xenia. Sehingga secara keseluruhan tampak lebih streamline.

NURKHOIRI

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi