Suzuki SX4, Mobil Paling Aman
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Desember 2008 01:09 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:

Suzuki SX4 dan Toyota Matrix meraih poin tertinggi dalam uji tabrakan (crash-test) yang dilakukan Insurance Institute Higway Safety (IIHS) yang dilansir pekan ini. Sedangkan PT Cruiser dari Chrysler meraih nilai terburuk.

Hanya SX4--model sport dan crossover--serta Matrix dan kembarannya Pontiac Vibe meraih nilai terbaikk untuk keselamatan dan tabrakan dari samping. Ketiganya plus mobil lain yang diuji seperti Chevrolet HHR, PT Cruiser, Ford Focus, Hyundai Elantra, dan Saturn Astra--juga mendapat nilai bagus dalam tabrakan dari depan.

Sementara itu, PT Cruiser yang menjadi satu-satunya small car yang diuji, mendapat nilai kurang untuk tabrakan samping dan dari belakang.

"Kami melakukan uji pada tabrakan samping untuk mengetahui bagaimana kendaraan kecil bisa menghadapinya," kata jur bicara IIHS Russ Rader. "Tabrakan dari depan dan samping masih menjadi yang sering terjadi. Tapi kami membuat skenario paling terburuk untuk uji tabrakan samping."

Uji tabrakan dari IIHS ini sangat penting. Di Amerika Serikat sepanjang tahun lalu tercatat 8.225 orang tewas dan yang terbanyak karena tabrakan. Di antara jumlah ini sebagian besar disebabkan tabrakan dari depan yaitu sebanyak 14.530 insiden.

iihs.org | Raju Febrian

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi