Siasati Musim Hujan Dengan Lampu HID
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Desember 2008 17:55 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta : Ada cara mudah untuk membuat pandangan makin jelas saat berkendaraan di malam hari di musim hujan: mengganti bola lampu mobil dengan tipe High-Intensity Discharge (HID).

Ini yang dilakukan Adit seorang penggemar otomotif berusia 24 tahun pengendara Isuzu Panther. Menurut Adit jarak pencahayaan lampu HID dalam hujan bisa dua hingga tiga kali lipat jarak yang bisa ditembus lampu pijar.

“Bisa 20 sampai 30 meter tergantung lampunya, kalau pijar mungkin hanya 10 meter,” kata Adit.

Begitu pula yang dilakukan Jeffry, 47 tahun, pengendara Honda Jazz, menurutnya lampu yang terang sangat menolong pandangan mengemudi pada malam hari terutama saat berpapasan dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan “Kalau ada yang lebih terang dari depan kan mengganggu, makanya perlu lampu yang lebih terang”

Lampu HID yang disebut Adit dan Jeffry itu, menurut seorang pedagang di bursa otomotif Atrium Senen di Jakarta Pusat, berkekuatan 1.000-10.000 Kelvin dengan harga antara Rp 1,2 juta hingga Rp3 juta.

Lampu itu tersedia dalam berbagai bentuk, dari sekedar neon, neon plus reflektor (sering disebut “batok”), hingga lampu utuh untuk mengganti lampu standar yangdipasang pabrik mobil.

Ada yang memilih sekedar memasang neon dan reflektor baru, namun ada yang memilih melepas seluruh bagian lampu kendaraan untuk menggantinya dengan lampu baru hasil modifikasi. Giok Sin, pedagang di bursa otomotif Atrium Senen, mengatakan, “Biasanya yang ganti total (sedan-sedan) Mitsubishi. Minta diganti lampu BMW.”

Lain halnya dengan Handy, penggemar otomotif berusia 27 tahun, mengatakan ia memilih memasang lampu HID baru pada bemper kendaraannya daripada mengganti lampu standar kendaraan.

“Pasang sendiri sih buat saya lebih aman daripada mengubah setting pabrik, karena pengaruhnya bisa merambat ke electricity mobil.”

Pemasangan lampu neon secara terpisah, baik neon biasa maupun yang dibuat khusus untuk menembus kabut, menurut Handy juga lebih nyaman karena dapat digunakan secara optional tergantung kondisi.

“Kan enak pasang HID kalau hujan, kalau tidak hujan bisa dimatikan pakai yang standar,” jelasnya.

RONALD

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi