Porsche 356A Dimodifikasi Menjadi Mobil Balap Es untuk Melintasi Antartika
Reporter: Non Koresponden
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 29 Oktober 2021 11:07 WIB
Porsche 356A dimodifikasi menjadi mobil balap es. (Foto: Carbuzz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JAKARTA — Selama 18 bulan terakhir, Valkyrie Racing telah mengubah Porsche 356A menjadi mobil balap es radikal yang akan dibawa pada balapan 356 mil melintasi Antartika akhir tahun ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengutip Carbuzz, hari ini, Jumat, 29 Oktober 2021, Renee Brinkerhoff akan berada di belakang kemudi untuk melaksanakan balapan sejauh 20 ribu mil atau lebih dari 32 ribu km dalam melintasi tujuh benua. Balapan ini sekaligus membantu meningkatkan kesadaran perdagangan anak untuk amal Valkyrie Gives.

Dibantu oleh Insinyur Desain Sasis Senior Inggris Kieron Bradley, sasis Porsche 356A telah diperkuat. Bilah ceruknya menggunakan panel surya ganda yang dapat memantulkan matahari dan salju.

Tidak hanya itu, kendaraan ini tidak menggunakan ban seperti mobil pada umumnya. Akan tetapi diganti dengan satu set ski salju dan trek sesuai dengan medan yang akan dilintasi. Kombinasi ini meningkatkan pelampung sebanyak 300 persen dibandingkan dengan kendaraan pendukung 4x4 Antartika yang menggunakan ban 42 inci.

Modifikasi lainnya juga dilakukan pada rollcage, sistem bantalan trek yang menjalankan pelumas suhu rendah Dupont Krytox, rangka dudukan suspensi trek belakang, kompresor suhu rendah 12V, jack tas seberat empat ton untuk mengangkat mobil jika terjebak di salju.

Tak hanya itu, mobil balap modifikasi ini juga bakal dilengkapi dengan pengukur suhu untuk mendeteksi apakah gearbox terlalu panas.  Berkat modifikasi ekstensif tersebut, pembalap es Porsche 356 dapat menahan suhu -50 derajat Celcius hingga +55 derajat Celcius.

Perjalanan balap Renee Brinkerhoff akan dibantu dengan Jason de Carteret selaku navigator. Nantinya mereka bakal memulai petualangan Arktik 356 mil dengan Porsche 356A pada 5 Desember mendatang.

Baca: Porsche Segera Dirikan Pabrik Perakitan di Malaysia

HEDWIGE | CARBUZZ

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-installaplikasi Telegram terlebih dahulu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi