Penjualan Toyota di Dunia Terburuk Delapan Tahun Terakhir
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Desember 2008 14:25 WIB
AP_ Kasumi Kasahara
TEMPO Interaktif , Tokyo: Lebih dari sekedar berita buruk bagi Toyota. Perusahaan otomotif Jepang pertama melaporkan bahwa angka penjualan kendaraan mereka jatuh mencapai 21,8 persen di Bulan November. Ini penurunan terburuk dalam delapan tahun terakhir.

toyota

Toyota Motor Corp., dalam penjualan kendaraan mereka mencapai 618 ribu mobil di November ini. Sementara untuk periode Januari-November, Toyota mencapai 8.356 juta mobil ke seluruh dunia.

Dengan model yang irit bahan bakar, Toyota sebenarnya menghindari pesaing kuat dari produk Amerika. Namun kebutuhan di negeri Paman Sam ini juga telah menurun drastis setelah terkena krisis finansial.

Dalam laporannya Rabu (24/12), Toyota melaporkan kerugian operasional mencapai 150 miliar yen atau sekitar Rp 5,9 triliun untuk pajak akhir tahun di Bulan Maret 2009. Ini kali pertama kerugian yang menimpa Toyota sejak didirikan 1938.

Mendekati satu dekade ini, Toyota sebenarnya hampir mendekati angka penjualan 10 juta mobil dalam pasar dunia. Sayangnya ekonomi dunia yang jatuh, membuat Toyota mengurangi target penjualan di tahun 2008 sampai empat persen, yakni 8,96 juta. Namun, penjualan secara global tahun ini diharapkan mencapai 9,85 juta mobil.

AP| NUR HARYANTO

#Penjualan Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi