Honda Supra X Ini Disulap Menjadi Sepeda Motor Listrik
Reporter: Rafif Rahedian
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 25 November 2021 09:08 WIB
Institut Teknologi (IT) PLN telah menyulap motor Honda Supra X menjadi motor listrik. Motor itu dipamerkan di IEMS 2021. 24 November 2021. TEMPO/Rafif Rahedian
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda Supra X merupakan sepeda motor jenis bebek dengan mesin bensin yang cukup populer. Nah, Supra X kali ini lain dari yang biasa, bukan lagi berbahan bakar bensin, tetapi listrik murni. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adalah Institut Teknologi PLN (ITPLN) yang telah menyulap Supra X menjadi sepeda motor listrik, dan memamerkannya di pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS), 24-26 November 2021. Sepeda motor listrik ini pun diberi nama P3KL ITPLN.

IT PLN sendiri mengonversikan kendaraan berbahan bakar bensin menjadi motor listrik, untuk menyambut era elektrifikasi di masa mendatang. Mereka membongkar mesin Honda Supra X dan digantikan dengan motor listrik.

Kepala Pusat Pengembangan Kendaraan Listrik ITPLN, Hendri, menjelaskan bahwa pihaknya bakal memberikan inovasi baru pada motor listrik ini. IT PLN turut menghadirkan solar cell di bagian belakang sepeda motor.

Penambahan komponen ini nantinya berfungsi untuk menangkap sinar matahari secara langsung, dan bisa menambah daya baterai saat berjalan di siang hari. Namun, pihak IT PLN masih meriset penggunaan solar cell pada motor listrik ini.

“Kami masih meriset (penggunaan solar cell), kalau jalan siang, nanti bisa bantu mengisi daya baterai. Tapi ini masih diriset seberapa besar pengaruhnya dalam membantu menambah daya baterai,” kata Hendri kepada Tempo di pameran IEMS 2021.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan bahwa motor listrik karya IT PLN ini memiliki daya tempuh selama dua jam dalam satu kali pengisian atau bergantung pada kecepatannya. Sedangkan pengisian daya baterainya, lanjut Hendri, tergantung dari sumber listriknya.

“Untuk Charging-nya berapa lama, tergantung sumber listriknya. Kalau kita punya listrik 2.200 W, berarti bisa 1 jam lebih. Kalau listriknya 3.000 W lebih bisa 1 jam penuh,” terang Hendra menambahkan.

Sepeda motor listrik P3KL ITPLN ini diketahui memiliki daya listrik rata-rata sebesar 3.000 W. kecepatannya bisa digeber hingga 100 km per jam.

Baca juga: Deretan Sepeda Motor Listrik di Pameran IEMS 2021

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi